Padang (ANTARA News) - Sejumlah warga Padang Sumatera Barat mulai berburu atau membeli pakaian untuk persiapan Idul Fitri meskipun sekarang baru awal Ramadhan.

"Membeli pada awal Ramadhan ini menguntungkan sebab tidak perlu tergesa-gesa dan mendapat pilihan yang beragam," kata salah seorang warga Rozawati, di Padang, Sabtu.

Selain tidak tergesa-gesa, menurutnya harga pada awal Ramadhan ini lebih murah ketimbang dekat Lebaran.

Disamping itu beberapa toko menawarkan potongan harga yang tinggi guna menarik perhatian konsumen.

Sebab, katanya, pada awal Ramadhan ini sebagian besar masyarakat hanya terfokus pada kegiatan ibadah dan persiapan untuk menyediakan hidangan berbuka.

Sebagai contoh, katanya, saat membeli pakaian di Plaza Rocky Padang, toko tersebut menawarkan potongan harga yang maksimal.

"Pada akhir Ramadhan diskon memang besar-besaran, namun barangnya yang berkualitas susah didapatkan," imbuhnya.

Warga lain, Gusri (29), mengaku membeli pakaian di awal Ramadhan untuk mendapatkan barang keluaran terbaru dengan harga murah.

Sebab, menurutnya, selama ini toko dan plaza suka mengeluarkan barang-barang keluaran terbaru pada awal Ramadhan.

Sementara itu salah seorang pedagang Kain di Pasar Raya Padang, Putra Pangestu, mengatakan bahwa banyak distributor yang membawakan barang terbaru pada awal Ramadhan.

Namun karena masih rendahnya minat konsumen, barang tersebut kadang tidak laku terjual.

Akan tetapi seperti tahun lalu, katanya, barang tersebut habis terjual saat menjelang Lebaran.

Menanggapi hal tersebut pengamat ekonomi pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang Mahdi menilai bahwa perilaku konsumen tersebut sebagai bukti ingin memperoleh kepuasan maksimal.

Pewarta: M R Denya Utama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015