Montreal (ANTARA News) - Prancis menyikat Korea Selatan 3-0 untuk maju ke perempatfinal Piala Dunia Wanita 2015, Minggu waktu setempat.

Marie Laure Delie menciptakan dua gol dan Elodie Thomis satu gol untuk membawa peringkat tiga Prancis lolos ke delapan besar untuk bertemu dengan tim nomor satu Jerman.

Delie, penyerang Paris Saint-Germain, mencetak gol pertama pada menit empat laga yang berlangsung di Stadion Olimpiade Montreal itu, lalu digandakan Thomis empat menit kemudian.

Pada babak kedua Delie menjemput umpan silang Eugenie Le Sommer tiga menit setelah babak kedua mulai untuk memasukkannya ke gawang Korea Selatan yang berperingkat 18 dunia dan jelas bukan lawan sepadan tim Eropa itu.

Prancis lolos ke 16 Besar setelah memuncaki Grup F kendati sempat kalah mengejutkan 0-2 dari Kolombia pada laga kedua fase grup mereka.

Korea Selatan tuntas pada urutan dua Goup E di bawah Brasil yang secara mengejutkan kalah 0-1 dari Australia sekitar dua jam sebelumnya di Moncton.

Prancis akan menghadapi Jerman, sang juara dunia 2003 dan 2007, yang menghancurkan Swedia 4-1 pada 16 besar Sabtu lalu.

Ini kali ketiga Prancis turut dalam Piala Dunia Wanita dan pada 2011 di Jerman menempati urutan empat.

Korea Selatan lolos ke fase knockout untuk pertama kalinya setelah gagal pada peran serta pertamanya pada edisi 2003.

Tuan rumah Kanada akan menghadapi Swiss setelah pertandingan Prancis vs Korsel ini di Vancouver. Pemenang pertandingan ini akan menghadapi antara Norwegia dan Inggris yang baru bertanding esok Selasa.

Turnamen ini untuk pertama kali punya babak 16 Besar setelah pesertanya dinaikkan menjadi 24 tim, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015