Ketiga jalur tersebut menghubungkan Cianjur-Jakarta atau sebaliknya Cianjur-Bandung. Ketika ada penutupan jalan oleh Bogor, yang dari arah Bandung ke Cianjur kami arahkan melalui Jonggol untuk langsung masuk ke Bogor tanpa melewati Cipanas,"
Cianjur (ANTARA News) - Polres Cianjur, Jabar, rekomendasikan tiga jalur alternatif yang disiapkan bagi pemudik yang akan melintas di jalur tersebut, seperti jalur Jonggol-Ciranjang, jalan lingkar timur dan jalur dalam kota Cianjur.

"Ketiga jalur tersebut menghubungkan Cianjur-Jakarta atau sebaliknya Cianjur-Bandung. Ketika ada penutupan jalan oleh Bogor, yang dari arah Bandung ke Cianjur kami arahkan melalui Jonggol untuk langsung masuk ke Bogor tanpa melewati Cipanas," kata Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu di Cianjur, Minggu.

Dia menjelaskan, jika masih terjadi kepadatan, pihaknya akan mengarahkan pengendara dengan tujuan Bogor dan seterusnya, untuk mengambil jalur lingkar timur menuju Sukabumi selanjutnya ke Bogor dan seterusnya.

"Polres Cianjur telah menetapkan 16 titik pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar di berbagai jalur, termasuk alternatif, menjelang lebaran. Selain itu, seluruh polsek telah diperintahkan menyulap kantornya menjadi tempat istirahat pemudik yang membutuhkan," katanya.

Dia menuturkan, sebanyak 1.142 personil disiapkan untuk mengamankan jalur mudik di Cianjur, dimana jumlah tersebut terdiri dari kepolisian, TNI serta instansi lain yang terkait.

"Sesuai petunjuk Kapolda, personil akan disebar sesuai kebutuhan, jika di salah satu titik memang sangat rawan dan sering terjadi kecelakaan atau kejahatan kami akan tempatkan personil dan personil itu akan tinggal di situ selama musim mudik dan balik," katanya.

Pihaknya mengimbau pengendara berhati-hati karena ada beberapa titik yang tengah dilakukan pemeliharaan jalan disepanjang jalur Cianjur-Gekbrong, Cipanas- Puncak, Hanjawar-Pacet serta jalur Jonggol.

"Selain itu, kami tetap mengimbau warga yang hendak mudik mengunakan kendaraan roda dua atau empat, untuk mentaati peraturan dan memastikan kendaraan layak jalan. Jika lelah silahkan beristirahat di polsek-polsek yang tersebar dari Puncak hingga perbatasan Bandung Barat," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015