Banjarmasin (ANTARA News) - Sebanyak 150 polisi dari Polresta Banjarmasin disiapkan untuk mengamankan dan siaga di jalur mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

"Polisi di pelabuhan ini sifatnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban dari lonjakan penumpang arus mudik lebaran tahun ini," ucap Kapolsekta Kawasan Pelabuhan Laut Polresta Banjarmasin Kompol Fihim di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan pengamanan untuk antisipasi terhadap tindak kriminalitas terutama terhadap para penumpang yang sedang menunggu kapal datang di terminal embarkasi penumpang.

"Para numpang banyak di terminal penumpang pelabuhan dan barang-barang bawaan mereka itu yang retan terjadi pencurian," ucapnya.

Para personil selalu bersiaga dan berjaga-jaga di pelabuhan untuk menunggu setiap kapal datang guna mengatur para penumpang agar selalu tertitb dan tidak dorong-dorongan.

"Dengan adanya beberapa personil kami sehingga para penumpang bisa diatur dengan rapi saat naik ke kapal sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya kepada Wartawan Antara.

Fihim terus mengatakan, pelaksanaan pengamanan di pelabuhan penumpang Trisakti Banjarmasin itu dilakukan sejak H-9 lebaran dan H+7 arus balik lebaran.

Bukan itu saja, keseriusan Polresta Banjarmasin dalam melakukan pengamanan di pelabuhan ini dengan mendirikan pos pelayanan bagi para pemudik.

"Pemudik bisa datang ke pos pelayanan yang ada di kawasan terminal penumpang untuk refleksi, mencari informasi, serta memberikan pengaduan ataupun laporan," kata pria bersahaja itu.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015