Merak (ANTARA News) - Penyeberangan Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, dipadati penumpang pejalan kaki yang hendak menuju berbagai daerah di Pulau Sumatra untuk mudik lebaran 2015.

Berdasarkan pantauan, di pelabuhan penyeberangan itu, Minggu malam, tampak ribuan penumpang pejalan kaki mengantre di loket penjualan tiket penyeberangan.

Penumpang juga terlihat berdesakan di lintasan gang way menuju kapal yang bersandar, untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sebagian besar penumpang berjalan kaki setelah turun dari angkutan bus di Terminal Terpadu Merak (TTM).

Para pemudik menggunakan bus dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dan Bandung.

Pemudik berdatangan sejak pukul 20.30 WIB dan dipastikan hingga dinihari terus mengalir memadati gang way Pelabuhan Merak.

"Kami lega setelah tiba di Pelabuhan Merak bisa diseberangkan, meskipun pemudik padat hingga saling berdesakan," kata Junaedi, seorang penumpang pejalan kaki bertujuan Lampung.

Ia mengatakan, dirinya berangkat dari Terminal Kalideres Jakarta Barat pukul 18.00 WIB dan tiba pukul 21.10 WIB.

Perjalanan lancar sepanjang jalan Tol Jakarta-Merak hingga Pelabuhan Merak.

"Kami mudik berangkat malam hari dan dilanjutkan perjalanan ke kampung halaman pagi hari," ujarnya.

Begitu pula, Sumarno, penumpang pejalan kaki mengaku dirinya bersama kakak berangkat dari Bogor setelah Magrib dan kini sudah tiba di Pelabuhan Merak.

"Kami berangkat memilih malam hari,meskipun ada imbauan dari ASDP Merak. Sebab berangkat malam hari karena lebih santai dan cuaca dingin," ujarnya.

Manager Usaha PT Angkutan Sungai dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Nana Sutisna, mengatakan diprediksikan lonjakan pemudik terjadi dinihari karena mereka tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pagi hari.

"Kami sudah berkali-kali mengimbau pemudik sebaiknya berangkat siang hari guna menghindari penumpukan penumpang," katanya.

Berdasarkan data H-6 atau Sabtu (11/7) pukul 20.00-08.00 WIB jumlah penumpang pejalan kaki 5.714 orang, kendaraan roda dua 1.476 unit, kendaraan pribadi roda empat 3.854, dan kendaraan bus atau truk 1.310 unit.

"Kami prediksikan pemudik terus mengalir hingga dini hari, baik penumpang pejalan kaki atau penumpang di atas kendaraan," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015