Purwakarta (ANTARA News) - Lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju gerbang Tol Cikopo-Palimanan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, cukup lancar pada H-3 Lebaran.

Arus lalu lintas yang cukup lancar itu terlihat sejak titik pertemuan jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Sedangkan di gerbang tol Cipali tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Tampak hanya beberapa kendaraan yang antre di sekitar gerbang Tol Cipali, sepanjang Selasa siang. Kendaraan-kendaraan yang melintas didominasi kendaraan pribadi yang merupakan pemudik tujuan Jawa Tengah dan sekitarnya.

Berbeda dengan kondisi arus lalu lintas pada Selasa pagi, titik menuju gerbang Tol Cipali cukup padat. Bahkan terjadi antrean panjang di pintu gerbang tol tersebut.

Tol Cipali itu sendiri menjadi alternatif pengendara roda empat pada musim mudik lebaran tahun ini. Para pemudik umumnya memilih melintasi jalan Tol Cipali dibandingkan dengan jalur Pantura. Akibatnya, kondisi arus lalu lintas jalur Pantura wilayah Karawang hingga Subang cukup lengang.

Sementara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memperkirakan sebanyak 45 ribu kendaraan akan memadati jalan Tol Cipali pada musim mudik Lebaran.

Pada hari-hari normal, tol sepanjang 116,75 kilometer ini diperkirakan hanya menampung 20-30 ribu kendaraan setiap harinya.

Dengan dioperasikannya tol Cipali pada arus mudik Lebaran ini, lalu lintas di gerbang Tol Cikampek cukup lancar. Tidak terjadi kepadatan seperti pada musim mudik Lebaran tahun-tahun lalu.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015