Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk mengembangkan Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah, karena persebarannya masih terpusat di Pulau Jawa.

Sebanyak 2,29 juta unit usaha atau 65,58 persen dari jumlah IKM yang mencapai 3,5 juta unit usaha berada di Pulau Jawa.

"Saya mengajak rekan-rekan IWAPI untuk dapat mengembangkan IKM karena akan turut memperkuat Indonesia sebagai negara yang tangguh, terutama industri kreatif," kata Menperin Saleh Husin saat mewakili Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka Musyawarah Nasional IWAPI di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan itu, Menperin juga menyinggung tentang paket kebijakan ekonomi yang digulirkan Presiden Joko Widodo padapertengahan September ini.

Para pengusaha yang bergabung dalam IWAPI diharapkan memanfaatkan kebijakan deregulasi tersebut.

"Semangat kebijakan itu adalah ingin membuat sektor swasta lebih bergairah dan pelaku usaha baik kecil menengah danbesahr lebih mudah dalam berusaha sehingga produk yang dihasilkan berdaya saing lebih kuat," ujarnya.

Pemerintah, lanjut Menperin, juga membuka diri serta mengundang IWAPI untuk memberi masukan dan turut mengawal implementasi paket kebijakan ekonomi demi menggerakkan motor perekonomian nasional.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015