Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan merayakan Idul Adha 1436 Hijriyah bersama masyarakat di Kalimantan Selatan.

Tim Komunikasi Presiden Sukardi Rinakit dalam keterangan tertulisnya, Rabu, mengatakan Presiden dan rombongan yang menyertainya akan berangkat menuju Banjarmasin Rabu pukul 08.30 WIB dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ-2.

Kali ini Presiden antara lain didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei.

Rombongan Presiden dijadwalkan tiba di Bandar Udara Syamsuddin Noor di Banjarbaru pukul 11.10 WITA dan langsung meninjau Posko Penanggulangan Bencana Pencemaran Udara Berat di kawasan bandara.

Setelah itu, rombongan akan menuju Desa Guntung Damar, Banjarbaru, tempat Presiden memberikan pengarahan kepada para prajurit dan petugas pemadam kebakaran.

Presiden kemudian melanjutkan perjalanan dengan meninjau lokasi titik api lain di Sambung Lihung yang berada di Kabupaten Banjar.

Malam harinya, Presiden bersama rombongan menuju Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin untuk mengikuti takbiran dan esoknya, Kamis (24/9), melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Presiden akan menyerahkan hewan kurban di masjid itu.

Presiden dan Ibu Negara selanjutnya akan meninjau proyek pembangunan Kebun Raya Banjar di Banjarbaru dan pada pukul 10.30 WITA bertolak ke Medan, Sumatera Utara.

Di Medan Presiden akan memantau pelaksanaan Keputusan Presiden tentang Penanganan Sinabung kemudian melanjutkan perjalanan ke Provinsi Jambi untuk memantau perkembangan terakhir kebakaran hutan di kawasan Sumatera.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015