Hidup ini indah jika kita penuh tolong menolong, karena Merah Putih dan Indonesia Raya kita sama
Jakarta (ANTARA News) - Pendukung Persib Bandung yang sering disebut bobotoh, merayakan kemenangan tim kesayangannya pada Piala Presiden 2015, dengan patungan bersama membantu korban bencana asap di Sumatera dan Kalimantan.

Aksi yang diberi nama #BobotohPeduli ini digawangi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melalui situs penggalangan dana kitabisa.com yang hingga kini berhasil mengumpulkan Rp58 jutaan dari 484 donatur.

Halaman penggalangan dana #BobotohPeduli dibuka Rabu kemarin mulai pukul 18.00 WIB dengan target penggalangan dana Rp50.000.000 yang akan dibuka hingga 14 hari ke depan.

"Semua dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan oleh Dinas Sosial dan Karang Taruna Kota Bandung untuk korban bencana asap di Sumatera dan Kalimantan," kata bagian humas kitabisa.com Fuadiyah Kamil di Jakarta, Kamis.

Dalam media sosialnya, Ridwan Kamil turut mengkampanyekan gerakan #BobotohPeduli.

"Alhamdulillah Persib bisa Juara Piala Presiden 2015. Mari kita bersyukur dan merayakan kemenangan dengan berempati membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana asap di Sumatera dan Kalimantan," ajak wali kota yang biasa disapa Kang Emil dalam akun Instagramnya.

"Bagi warga Bandung dan bobotoh yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya silakan kunjungi link berikut ini: www.kitabisa.com/bobotohpeduli. Hidup ini indah jika kita penuh tolong menolong, karena Merah Putih dan Indonesia Raya kita sama," lanjutnya.

Persib menjuarai Piala Presiden 2015 setelah menaklukan Sriwijaya FC Palembang 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu, 18 Oktober 2015.

Setelah pluit tanda pertandingan selesai, bobotoh di Bandung merayakan kemenangan dengan konvoi mengelilingi kota meengingat bencana asap yang masih melanda Sumatera dan Kalimantan.

Arak-arakan pemain Persib Bandung beserta Piala Presiden 2015 akan digelar Minggu pekan ini, 25 Oktober.

Para pemain akan diarak menggunakan bus wisata Bandros yang nantinya akan dibawa hingga Lapangan Tegalega dan di sini akan ada konser musik dan Salat Istisqa bersama untuk berdoa meminta hujan segera turun di wilayah bencana asap.

Untuk donasi online di kitabisa.com, caranya mudah. Hanya dengan membuka link kitabisa.com/bobotohpeduli, lalu klik tombol "BERI DONASI", isi data diri dan pilih cara pembayaran, transfer ke nomer rekening yang muncul, dan konfirmasi.

Selain berdonasi, publik juga bisa turut menyebarkan info #BobotohPeduli seluas-luasnya dengan klik tombol "Bagikan di Facebook" atau "Bagikan di Twitter".

Kampanye #BobotohPeduli adalah satu dari 46 kampanye sosial #MelawanAsap di kitabisa.com.

Banyaknya inisiatif sosial ini menunjukan kepedulian bersama bagi korban bencana asap. Di sisi lain, inisiatif-inisiatif ini sekaligus menjadi kritik pada lambatnya penanganan bencana asap oleh pemerintah.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015