Hal yang paling penting lagi, setiap yang pegang piala (penghargaan Adipura) ini apabila ingin ikuti Pilkada pasti kesempatannya besar dapat (menang pemilihan),"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan anugerah Adipura dalam kebersihan lingkungan dapat menjadi nilai tambah bagi pemimpin petahana yang ikut dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Hal yang paling penting lagi, setiap yang pegang piala (penghargaan Adipura) ini apabila ingin ikuti Pilkada pasti kesempatannya besar dapat (menang pemilihan)," kata JK dalam sambutan penyerahan penghargaan Adipura di Hotel Bidakara, Jakarta pada Senin petang.

Menurut Wapres, piala yang didapat oleh suatu daerah yang meraih anugerah Adipura akan diarak keliling kota dan menjadi sarana kampanye yang baik.

Peraihan anugerah Adipura menjadi bukti keberhasilan dalam memimpin daerah pada bidang kebersihan lingkungan, jelas JK.

"Jadi bagi bupati atau walikota yang belum mendapat, berusahalah mendapat pada tahun-tahun depan agar dalam Pilkada mendapat bahan kampanye," kata Wapres.

Dengan mendapat penghargaan tersebut, maka pihak lawan dalam pilkada akan susah mengkritik keberhasilan pemimpin petahana dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, Wapres mengimbau agar tanggung jawab kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi beban bagi pemerintah daerah dan kota.

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua orang termasuk masyarakat dan pemda untuk menghindari penyakit pada jangka panjang.

Wapres mendesak kepada warga agar pada tahun berikutnya dapat berpartisipasi aktif menjaga kebersihan lingkungan sehingga seluruh daerah dapat bersaing positif meraih adipura.

"Karena seperti yang saya katakan bahwa kota-kota yang mendapat penghargaan adalah kalian bersih bukan hanya kebersihan, tapi soal kesehatan, soal ekonomi dan pendidikan yang baik, yang selalu nyaman dan selalu punya masa depan yang baik," kata JK.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Adipura Kencana kepada tiga kota yaitu Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, dan Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya turut mendampingi Wapres JK menyerahkan penghargaan Adipura tersebut.

Selain itu pemerintah juga memberikan anugerah Program Penilaian Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) 2015 kepada 12 perusahaan.

Pewarta: Bayu Prasetyo,
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015