Greenfields bagikan 14 keluarga reaktor biogas

Biogas merupakan hal ramah lingkungan dan sangat menguntungkan bagi penerimanya. Selain gas yang dihasilkan bisa digunakan memasak, ampas kering sisa prosesnya juga baik dijadikan pupuk tanaman,"
Surabaya (ANTARA News) - PT Greenfields Indonesia membagikan reaktor biogas kepada 14 kepala keluarga di kawasan Gunung Kawi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sebagai bentuk komitmen mendukung misi inovasi pengembangan energi bersih dunia.

"Pemberian reaktor biogas kepada para peternak ini diharapkan membantu mengurangi limbah organik, sekaligus memberikan apresiasi kepada mereka," ujar Head of Milk Processing PT Greenfields Indonesia, Darmanto, dalam keterangannya, Kamis.

Kini, kata dia, mitra yang mendapatkan proyek biogas tak lagi bergantung pada gas tabung untuk kegiatan memasak sehari-hari karena sudah bisa terpenuhi langsung dengan biogas yang diberikan.

Ia menjelaskan, biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas fermentasi dari limbah organik, termasuk di antaranya kotoran hewan dengan kandungan utamanya adalah metana dan karbon dioksida.

Tidak itu saja, lanjut dia, proyek biogas membantu mengurai dan mengurangi volume limbah, sedangkan metana dalam biogas setelah pembakaran menghasilkan energi yang lebih besar dan bersih, bahkan emisi karbon dioksida yang timbul dari pembakaran ini juga lebih sedikit.

"Biogas merupakan hal ramah lingkungan dan sangat menguntungkan bagi penerimanya. Selain gas yang dihasilkan bisa digunakan memasak, ampas kering sisa prosesnya juga baik dijadikan pupuk tanaman," katanya didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup Malang, Tridiyah Maestuti.

Proyek biogas ini diperuntukkan bagi peternak kemitraan Greenfields yang tersebar di tiga kecamatan di Gunung Kawi, yakni Kecamatan Wagir, Kecamatan Ngajum, Kecamatan Wonosari.

"Greenfields memberikan proyek biogas kepada peternak mitranya untuk membantu pengolahan limbah dan memberikan nilai lebih bagi mitra kerjanya," katanya.

Dalam kemitraan ini, Greenfields juga memberikan fasilitas gratis bagi mitranya untuk menunjang produksi yang baik dengan pelayanan kesehatan hewan, inseminasi buatan, dan pendampingan intensif.

PT Greenfields Indonesia adalah perusahaan pengolahan susu dengan fasilitas modern yang terhubung langsung ke area pemerahan di peternakan.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Begini cara peternak sapi manfaatkan kotoran jadi energi alternatif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar