Jakarta (ANTARA News) - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta jajaran polres atau satuan wilayah (Satwil) tidak menganggap remeh pengamanan pada sejumlah tempat ibadah menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Jajaran Polres agar tetap proaktif melakukan pengamanan untuk mengidentifikasi kegiatan perayaan Natal," kata Irjen Polisi Tito Karnavian di Jakarta Senin.

Kapolda Metro Jaya bersama pejabat utama menggelar konferensi video dengan seluruh kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Tito mengatakan jajaran polres harus tetap berkomunikasi Polda Metro Jaya saat membutuhkan bantuan personil maupun amunisi lainnya agar segera dilakuka pengerahan.

Mantan Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri itu mengingatkan agar peristiwa yang terjadi pada 2014 tidak terulang kembali.

"Tetap waspada agar tidak terjadi gesekan antara acara Maulid Nabi dan malam Natal yang bersamaan pada 24 Desember 2015 nanti," ujar Tito.

Pada kesempatan itu, Tito juga membahas kegiatan keamanan dan ketertiban masyarakat yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya selama sepekan kemarin.

Pembahasan menyinggung kejadian tindak pidana yang menonjol selama sepekan terakhir termasuk pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan, serta jelang kegiatan Operasi Lilin 2015.

Tito menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran wilayah yang terlibat pengamanan Pilkada serentak di Depok dan Tangerang Selatan yang berlangsung kondusif dan tanpa kendala.

"Namun anggota tidak boleh lengah dan harus tetap memantau setiap kegiatan guna mengantisipasi ancaman kamtibmas," tegas mantan Kapolda Papua itu.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015