Ternate (ANTARA News) - Sebanyak 1.376 personel gabungan antara Polda dan Polres, TNI serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) disiagakan mengamankan pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2015 melalui Operasi di Maluku Utara (Malut).

"1.376 personel Polda dan Polres, TNI, Satpol-PP yang mengamankan Operasi Lilin 2015 dalam rangka Pam Natal dan Tahun Baru 2016 disiagakan di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar di Ternate, Selasa.

Hendry mengatakan, pengamanan lebih diutamakan di tempat ibadah saat perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang, selain di objek wisata, perkotaan, terminal, pelabuhan, bandar udara, dan fasilitas fasilitas umum lain.

Dia menjelaskan, pelaksanaan Operasi Lilin tahun 2015 berlangsung selama 10 hari mulai 24 Desmber 2015 sampai dengan 2 Januari 2016.

Dari 10 kabupaten/kota di Malut, kata Hendri, sejumlah titik yang akan menjadi fokus pengamanan adalah Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat.

Hendry menambahkan, selain pengamanan titik yang telah ditentukan, personel gabungan tersebut juga melaksanakan patroli rutin guna mencagah gangguan kamtibmas.

"Jadi selain pengamanan, juga dilaksanakan patroli gabungan dari Polri dan TNI maupun satpol-PP dalam rangka mencegah terjadinya gangguan kamtibmas menjelang, saat dan pasca-Natal dan Tahun Baru 2016," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015