Bandarlampung (ANTARA News) - Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Ladies pertama di Lampung diresmikan untuk memaksimalkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di wilayah itu.

"Peresmian Samsat Ladies yang pertama ini diharapkan dapat menunjang peningkatan pembayaran pajak milik masyarakat, sehingga bisa membantu terlaksananya pembangunan di daerah ini," ujar Gubernur Lampung M Ridho Ficardo usai peresmian Samsat Ladies di Mal Boemi Kedaton Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, keberadaan jasa pelayanan ini untuk memberikan kemudahan dalam hal pelayanan bagi masyarakat yang akan membayar pajak kendaraannya.

"Rakyat mau membayar pajak untuk modal pembangunan jangan dipersulit," kata dia.

Selain itu, ia mengharapkan, Samsat Ladies menarik wanita untuk aktif membayar pajak dan tidak segan untuk datang langsung ke Samsat.

"Dengan kata lain, kalau yang melayani wanita semua dapat membuat kaum hawa itu tidak sungkan untuk melakukan pembayaran sendiri," ujarnya.

Ridho juga mengatakan, Samsat Ladies pasti mampu menambah pemasukan bagi kas daerah.

Terkait penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Polda Lampung, Gubernur menyebutkan, penandatangan MoU dilakukan guna menghindari penyimpangan sehingga pembangunan dari uang pajak juga bisa ditingkatkan.

Ridho secara tegas mengingatkan tidak boleh ada dana satu rupiah pun yang disimpangkan.

"Bila ada penyimpangan Pak Kapolda jangan pernah segan-segan. Standar moral, standar integritas harus tinggi, karena mereka memegang uang rakyat, darah pembangunan," ujarnya.

Penandatanganan ini, menurut Ridho, menjadi esensi sesungguhnya, karena dari MoU ini akan dilakukan protektif, sehingga uang rakyat yang akan digunakan untuk pembangunan di tengah masyarakat bisa semakin maksimal.

Sementara itu, Kapolda Lampung Brigjen Edward Syah Pernong mengatakan, selain bertugas menjaga keamanan pihaknya juga merupakan pelayan masyarakat yang berkewajiban dalam memberikan pelayanan terhadap publik.

"Selama ini pelayanan manajemen satu atap telah melakukan langkah-langkah konkret dalam memberikan kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini," kata dia.

Jenderal polisi berbintang satu itu mengharapkan agar manajemen bersama ini dapat mendorong seluruh jajaran untuk lebih meningkatkan koordinasi agar mampu menciptakan pelayanan yang lebih maksimal.

Pewarta: T.Subagyo & Agus S
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015