Bandarlampung (ANTARA News) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengganti beberapa pejabat level atas Polda Lampung, mulai dari Kapolda hingga Kepala Bidang Keuangan.

Brigadir Jenderal Ike Edwin per 31 Desember 2015 dipercaya menjabat Kapolda Lampung menggantikan Brigadir Jenderal Edward Syah Pernong.

"Benar ada pergantian Kapolda Lampung, pergantian itu berdasarkan surat telegram Kapolri nomor ST/27/8/VII/2015 tertanggal 31 Desember," kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, di Bandarlampung Sabtu.

Menurut dia, selain Kapolda Lampung, pejabat utama Polda Lampung yang juga dimutasi adalah Komisaris Besar Kukuh.

"Kukuh yang menjabat Kabid Propam Polda Lampung mendapat promosi menjadi Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Bengkulu," ujarnya.

Kemudian, Kabid Keuangan Polda Lampung dimutasi ke Polda Aceh sebagai Kabid Keuangan.

Sulis juga menyebutkan, per 1 Januari 2016 telah ditetapkan kenaikan pangkat jajaran kepolisian di Lampung.

"Kenaikan pangkat perwira, Brigadir dan Tamtama periode 01 Januari 2016 dan PNS Polri periode 1 Oktober 2015," kata dia.

Ia melanjutkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat semula untuk personel di satuan kerja Mapolda Lampung sebanyak 282 orang yang meliputi pangkat Pamen, Pama, Brigadir dan Tamtama serta PNS di Satker Polda Lampung.

Sedangkan, jumlah untuk keseluruhan personel jajaran Polda Lampung yg telah mendapat persetujuan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi oleh Mabes Polri periode 1 Juli 2015 adalah 985 personel.

Dari jumlah keseluruhan tersebut terdiri atas kenaikan pangkat reguler yaitu : pangkat Pamen sebanyak 44 orang yang terdiri dari Pangkat AKBP ke Kombespol sebanyak 1 orang, dari Pangkat Kompol ke AKBP sebanyak 18 orang, dari Pangkat AKP ke Kompol sebanyak 25 orang, berpangkat Pama sebanyak 77 orang.

Kemudian yang terdiri dari pangkat Iptu ke AKP sebanyak 25 orang, dari pangkat Ipda ke Iptu sebanyak 52 orang. Lalu yang berpangkat brigadir sebanyak 538 orang yang terdiri dari pangkat Aipda ke Aiptu sebanyak 72 orang, dari pangkat Bripka ke Aipda sebanyak 121 orang.

Pangkat Brigadir ke Bripka sebanyak 342 orang, pangkat Briptu ke Brigadir sebanyak 245 orang, dari pangkat Bripda ke Briptu sebanyak 58 orang.

Selanjutnya, yang berpangkat Tamtama sebanyak 20 orang, kenaikan pangkat dari Kompol ke AKBP sebanyak 4 orang, dari Aiptu ke Aipda sebanyak 2 orang serta PNS periode 1 Oktober 2015 sebanyak 19 orang.

"Kenaikan pangkat bagi anggota Polri merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan pada satu periode kepangkatan yaitu enam bulan, kenaikan pangkat bukan merupakan hak yang secara otomatis diterima oleh setiap anggota Polri melainkan merupakan reward/penghargaan setelah terlebih dahulu dilaksanakan proses penilaian berkaitan dengan jabatan yang disandang, masa kerjanya, pendidikannya dan persyaratan administrasi lainnya, terutama adalah penilaian terhadap kinerja, dedikasi, loyalitas dan disiplin dari yg bersangkutan," kata Kabid Humas Polda Lampung itu.

Dengan semakin meningkatnya pangkat yang disandan, diharapkan dapat melakukan peningkatan rasa tanggung jawab, menunjukkan sikap ketauladanan yang lebih baik, profesionalisme melalui peningkatan kemampuan serta peningkatan kinerja dengan melaksanakan semua yg menjadi tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik baiknya.

Pewarta: T.Subagyo & Agus S
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016