Pertama, informasi harus fair (adil), dan kedua, memberikan spirit (semangat)... Berikan harapan kepada masyarakat
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, peran media massa adalah menyediakan informasi yang memberikan semangat yang optimis dan positif kepada masyarakat di Tanah Air.

"Pertama, informasi harus fair (adil), dan kedua, memberikan spirit (semangat)... Berikan harapan kepada masyarakat," kata Jusuf Kalla (JK) saat menjadi pembicara dalam acara News Forum Redaksi Indonesia 2016: Challenges and Opportunities di MNC News Center di Jakarta, Kamis.

Wapres mengemukakan agar peran media diharapkan dapat memberikan informasi yang terbuka tetapi juga adil dan proporsional.

Selain itu, ujar dia, peran media dalam memberikan harapan juga penting untuk menumbuhkan optimisme serta edukasi bagi masyarakat.

JK juga berpendapat bahwa secara politik, Indonesia merupakan negeri yang paling stabil di kawasan Asia. Indonesia stabil antara lain karena partai-partai politik saat ini sudah bersatu mendukung langkah pemerintah.

Meski demikian, ujar Wapres, peristiwa seperti kejadian di Jalan Thamrin beberapa waktu lalu menyiratkan bahwa gangguan stabilitas keamanan meski tidak sebesar negara lain tetapi tetap mengganggu.

Kalla menyatakan "penting bagi kita semua untuk mencapai tujuan berbangsa yaitu mewujudkan masyarakat yang makmur dan adil di wilayah nusantara".

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016