Jakarta (ANTARA News) - Penggemar film blockbuster "Star Wars: The Force Awakens" harus menunggu dua tahun lagi untuk menonton kelanjutan film itu karena Walt Disney Co. mengundur rilis "Star Wars: Episode VIII" hingga tujuh bulan.

"Episode VIII" ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson akan dirilis pada 15 Desember 2017, mundur dari jadwal sebelumnya pada 26 Mei 2017.

Film blockbuster Hollywood yang dirilis pada musim panas biasanya ditonton paling banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, namun Disney mencatat tidak demikian dengan "The Force Awakens" yang dirilis di seluruh dunia bulan lalu.

"The Force Awakens" menjadi film dengan pendapatan kotor terbesar di Amerika Utara yakni 861 juta dolar AS dan meraup pendapatan global terbesar ketiga dalam sejarah, yakni 1,88 miliar dolar AS di box office.

Pengambilan gambar "Episode VIII" akan dimulai di London pada Februari dan diperkirakan akan melanjutkan kisah dari karakter baru Rey (Daisy Ridley), Finn (John Boyega), Poe Dameron (Oscar Isaac) dan Kylo Ren (Adam Driver).

Tokoh veteran dari film sebelumnya, Carrie Fisher (Jenderal Leia) dan Mark Hamill (Luke Skywalker) juga diperkirakan akan kembali, meski Disney tidak memberi komentar soal pemilihan pemain.

Sementara itu, "Star Wars: Rogue One" adalah film dengan cerita yang berdiri sendiri di dunia "Star Wars" berisi karakter baru yang akan dirilis Desember ini.

Disney juga akan merilis film kelima dari "Pirates of the Caribbean" yang dibintangi Johnny Depp pada Mei 2017 yang awalnya akan diisi "Episode VII". Serial itu telah meraup pendapatan kotor sebesar 3,7 miliar dolar AS di seluruh dunia, seperti dilansir dari Reuters.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016