Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta menyiapkan sejumlah rumah susun (rusun) sebagai tempat relokasi warga di kawasan Kalijodo, Jakarta Barat.

"Setelah kawasan Kalijodo itu selesai ditertibkan secara keseluruhan, warganya akan kami relokasi ke rusun-rusun yang sudah kami siapkan," kata Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Ika Lestari Aji di Jakarta, Senin.

Menurut dia, beberapa rusun yang dapat dijadikan tempat relokasi warga Kalijodo adalah Rusun Marunda di Jakarta Utara dan Rusun Pulogebang di Jakarta Timur.

"Selain itu, masih ada rusun-rusun lain yang juga bisa dijadikan tempat relokasi warga Kalijodo, sedang kami siapkan," ujar Ika.

Meskipun demikian, Pemprov akan melakukan sejumlah verifikasi karena rusun-rusun itu hanya untuk warga dengan KTP DKI Jakarta.

"Kami akan melakukan verifikasi bagi para calon penghuni rusun. Salah satunya, warga yang terindikasi sebagai Pekerja Seks Komersil (PSK), tidak boleh direlokasi ke rusun," tutur Ika.

Dia mengungkapkan verifikasi kedua untuk calon penghuni rusun yang terindikasi PSK itu ditempu agar rusun tidak dijadikan sebagai tempat prostitusi.

"Sebetulnya, rencana relokasi dengan verifikasi kedua itu cukup sulit untuk dilakukan. Makanya, kami bahas lagi bersama seluruh stake holder. Namun, menurut kami verifikasi itu harus dilakukan. Kami tidak ingin rusun menjadi tempat prostitusi," ungkap Ika.


Pewarta: Cornea Khairani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016