Turin (ANTARA News) - Juventus jelas bukan tim sekelas ayam sayur. Tim berjuluk Bianconeri terus menyiapkan diri menghadapi laga krusial pekan depan melawan tim raksasa Liga Jerman (Bundesliga), Bayern Muenchen dalam ajang Liga Champions.

Hanya saja si "Nyonya Tua" perlu lebih dulu meladeni Bologna dalam ajang Seri A yang digelar di  Stadio Renato Dall'Ara, Bologna, pada Jumat waktu setempat, atau Sabtu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sports 2.

Juventus yang kini dilatih oleh Massimiliano Allegri siap melabrak pertahanan Bologna yang kini dibesut oleh Roberto Donadoni, sebagaimana dikutip dari laman bleacherreport.

Juventus sedang berada dalam performa melangit karena mampu meluncur ke posisi pertama klasemen Liga Italia (Serie A) setelah melakoni 25 pertandingan, dengan bersaing ketat bersama Napoli. Sementara Bologna kini masih menduduki peringkat kesepuluh.

Punggawa Juventus Claudio Marchisio berharap kepada rekan-rekannya agar tidak lengah menghadapi Bologna, jelang menghadapi laga babak 16 besar Liga Champions pekan depan.

Juara Serie A musim lalu itu membukukan 15 kali kemenangan beruntun, termasuk mengalahkan Napoli 1-0 pekan lalu.

Ini jelas pekan-pekan menentukan bagi Juve manakala menapaki musim ini. Mereka siap bertanding melawan Inter Milan di bawah asuhan pelatih Robeto Mancini, selain menghadapi Bayern Muenchen.

"Kami tidak akan menyia-nyiakan atau mengambil risiko sekecil apapun berkaitan dengan Liga Champions. Kami juga perlu berkonsentrasi di liga karena itu kami bertekad menjadi juara liga," katanya kepada Sky Italia.

"Donadoni mampu meraih prestasi sebagaimana dia lakukan ketika melatih Parma beberapa tahun lalu. Ia mengubah gaya bermain Bologna, di atas segalanya itu ia mampu memotivasi para pemain."

Juventus tidak akan diperkuat oleh Alex Sandro (cedera hamstring), Giorgio Chiellini (cedera betis) dan Martin Caceres (cedera otot Achilles), sementara Mario Mandzukic (cedera) dan Kwadwo Asamoah (cedera otot).

Komentar dua pelatih:

* Roberto Donadoni (Bologna):

"Kami akan tampil makin baik dan tidak menemukan kesulitan yang berarti jika kami mampu tampil konstan di setiap pertandingan. Kami harus bekerja lebih keras lagi. Inilah cara agar kami dapat meraih prestasi di masa depan."

"Kami menghadapi tim berkelas, dengan didukung kekuatan memadai dan mereka beroleh hasil gemilang. Ini bagian dari antusiasme dan kami ingin Bologna bertekad mengukir prestasi yang bermakna, di atas rata-rata yang selama ini kami raih."

"Kami sangat fokus kepada apa yang kami cita-citakan. Kami tidak ingin mengecewakan siapa pun. Kami berharap dapat turun bertanding dengan penampilan gemilang, dengan kemampuan terbaik...Kami tidak harus banyak memberi kesempatan. Juventus jelas ingin melanjutkan hasil positif, begitu pula dengan kami."    
 
* Massimiliano Allegri (Juventus):
"Laga melawan Bologna demikian krusial bagi Scudetto. Dengan begitu kami dapat unggul empat poin dari Napoli, kalah saja kami beroleh kemenangan."

"Bologna punya teknik yang mumpuni, tim yang terorganisasi secara apik. Sejak Donadoni melatih di sana, mereka mampu tampil seimbang dengan didukung kolektivitas. Pertandingan akan berlangsung alot."

"Mereka dikenal sebagai tim yang tanpa beban. Mereka berada di posisi yang baik di klasemen. Mereka dikenal sebagai tim yang antusias."

"Kami ingin meraih tiga poin dari laga kandang. Napoli tidak memberi kesempatan sedikit pun dan kami perlu berada di posisi teratas klasemen. Kami tidak akan berbuat kesalahan sekecil apapun dalam laga besok."
 
Prakiraan susuna pemain:

* Bologna: (4-3-3):

 Angelo da Costa (penjaga gawang); Alex Ferrari, Marios Oikonomou, Daniele Gastaldello, Adam Masina; Godfred Donsah, Amadou Diawara, Saphir Taider; Anthony Mounier; Mattia Destro, Emanuele Giaccherini.
Pemain absen: Emil Krafth, Luca Rossettini (keduanya mengalami cedera).

* Juventus (3-5-2):
Gigi Buffon (penjaga gawang); Daniele Rugani, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli; Stephan Lichtsteiner, Stefano Sturaro, Hernanes, Paul Pogba, Patrice Evra; Alvaro Morata, Simone Zaza.
Pemain absen: Giorgio Chiellini, Mario Mandzukic, Kwadwo Asamoah, Martin Caceres and Rubinho (semuanya mengalami cedera).

Data dan fakta: (Opta facts)
* Juventus meraih seluruh kemenangan dari lima laga melawan Bologna di ajang Serie A, dengan mengukir tiga clean sheet dan mencetak rata-rata dua gol per laga.
* Juventus tidak terkalahkan dalam 12 laga yang digelar di Dall'Ara (delapan kali menang, empat kali imbang) di ajang Serie A. Kekalahan terakhir Bologna dari Juventus di laga kandang terjadi pada November 1998 (3-0).   
* Juventus hanya kebobolan dari enam tembakan tepat sasaran dalam lima laga Serie A.
* Gonzalo Higuain mencetak 16 gol, Paulo Dybala (9 gol), lebih banyak dari Mattia Destro (8 gol) dari 15 laga Serie A.
* Gianluigi Buffon telah mengukir tujuh clean sheet sejak awal 2016, dalam lima kompetisi Europa.
 
 Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Bologna: W D L W W


14/02/2016 Udinese 0 - 1 Bologna
06/02/2016 Bologna 1 - 1 Fiorentina
03/02/2016 Frosinone 1 - 0 Bologna
31/01/2016 Bologna 3 - 2 Sampdoria
24/01/2016 Sassuolo 0 - 2 Bologna

* Juventus: W W W W W

13/02/2016 Juventus 1 - 0 Napoli
07/02/2016 Frosinone 0 - 2 Juventus
03/02/2016 Juventus 1 - 0 Genoa
31/01/2016 Chievo 0 - 4 Juventus
27/01/2016 Juventus 3 - 0 Internazionale Milano

Head To Head:
 
04/10/2015 Juventus 3 - 1 Bologna
19/04/2014 Juventus 1 - 0 Bologna
06/12/2013 Bologna 0 - 2 Juventus
16/03/2013 Bologna 0 - 2 Juventus
31/10/2012 Juventus 2 - 1 Bologna

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Bologna 0 - 2 Juventus (25 persen)
* Bologna 0 - 3 Juventus (19 persen)
* Bologna 0 - 4 Juventus (12 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Bologna: 1
* Juventus: 3


Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016