London (ANTARA News) - Juara bertahan Piala Davis Britania ditahan imbang 1-1 oleh Jepang setelah dua pertandingan tunggal pertama pada Grup Dunia mereka, pertandingan putaran pertama pada Jumat, setelah Andy Murray sempat membawa tuan rumah unggul.

Petenis peringkat dua dunia Murray, yang memainkan pertandingan pertamanya sejak final Australia Terbuka, menaklukkan Taro Daniel dengan skor 6-1 6-3 6-1 untuk membuat gembira publik tuan rumah di Birmingham.

Jepang bangkit melalui petenis peringkat enam dunia Kei Nishikori yang menaklukkan favorit lokal Dan Evans dengan skor 6-3, 7-5, 7-6 (3), yang berarti pertandingan kategori ganda pada Sabtu dapat menjadi penentuan.

Daniel, yang menghuni peringkat 87 dunia, sempat merepotkan Murray melalui serangkaian gempurannya untuk mendapatkan break pada awal set kedua, namun ia bukan tandingan petenis yang memimpin Britania untuk memenangi gelar pertamanya sejak 1936 pada November silam.

"Saya sedikit kehabisan nafas, namun saya memainkan pertandingan bagus dan melakukan serve dengan baik," kata Murray. "Saya mendapatkan dukungan yang tidak dapat dipercaya hari ini dan merupakan hal hebat untuk bermain di depan penonton yang penuh."

Murray, yang memenangi 11 pertandingan pada musim lalu untuk melaju meraih gelar, dapat berpasangan dengan saudara kandungnya Jamie pada Sabtu, meski kapten Leon Smith dapat menggunakan spesialis ganda Dominic Inglot dan mengistirahatkannya untuk pertandingan Minggu melawan Nishikori. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016