Barcelona (ANTARA News) - Silakan dan boleh-boleh saja mengembangkan asa di tengah perseteruan seru dua klub raksasa sepak bola lain negara. Arsenal terus menghidu-hidupkan harapan saat melawan Barcelona yang meraup prestasi demikian menjulang di bawah kubah Liga Champions.

Pasukan Luis Enrique akan ditantang oleh pasukan Arsene Wenger dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Duel itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Fakta bicara, bahwa Blaugrana sudah melesakkan dua gol tanpa balas ke gawang The Gunners dalam laga leg pertama di kandang Arsenal pada bulan lalu. Sejarah juga mencatat bahwa Barcelona menorehkan tinta emas dalam pusaran waktu sepak bola modern, utamanya di ajang Liga Champions.

Penampilan Lionel Messi dan kawan-kawan di London begitu memikat dan mengundang decak kagum ketika menekuk Arsenal sebagai salah satu tim digdaya Liga Inggris (Premier League).

Dominasi pasukan Catalan memenuhi tiga kredo asali sepak bola: meraih kemenangan, menyabet kajayaan, menyajikan sukacita. Mereka mampu melaju ke babak semi-final selama tujuh dari delapan kompetisi terakhir, dengan mengoleksi sekurangnya empat dari 10 prestasi juara.

Sementara itu, Arsenal menghadapi misi spesial. Skuad asuhan Wenger harus menang minimal 3-0 di Camp Nou. Hasil imbang atau kalah dengan selisih satu gol pun mampu menghantar Barca melaju ke semi-final.

Barcelona, selain Real Madrid, mengukuhkan diri sebagai satu dari dua tim yang melenggang ke babak penyisihan tanpa pernah menelan kekalahan dari 37 laga. Barca mampu finis di posisi teratas di Grup E.

Dari 37 pertandingan yang tidak terkalahkan di seluruh kompetisi, Barca mampu keluar sebagai juara Piala Dunia antar klub, melaju sampai final Copa del Rey dan kini bertengger di peringkat teratas klasemen Liga Spanyol (La Liga) dengan unggul delapan poin dari runner-up.

Pasukan Enrique telah membukukan 15 gol dalam tiga laga terakhir dan menyabet delapan kemenangan di seluruh kompetisi. Penampilan memikat dari trio Messi, Luis Suarez dan Neymar telah menghasilkan 103 gol di seluruh kompetisi.

Secara realistis, Arsenal semakin berada di tubir kesulitan untuk keluar sebagai kampiun Liga Inggris lantaran tidak meraih satu pun kemenangan dalam tiga laga terakhir. The Gunners semakin tertekan setelah kalah 1-2 dari Watford pada laga Minggu (13/3). Ujung-ujungnya, skuad asuhan Wenger tersingkir dari Piala FA.

Bek tengah Barcelona Thomas Vermaelen meminta kepada rekan-rekan satu timnya untuk tidak memandang enteng Arsenal meski laga digelar di Camp Nou.

"Pertandingan ini bakal berjalan tidak mudah juga," kata pemain asal Belgia dalam laman Barcelona.

"Meskipun peluang kami terbuka, anda tidak juga langsung dapat mengatakan bahwa mereka susdah habis. Mereka punya banyak pemain yang mengandalkan kecepatan. Pergerakan mereka sungguh berbahaya. Kami perlu lebih berkonsentrasi," katanya.

"Pertandingan ini memanggungkan dua tim dengan gaya permainan yang sama. Mereka mengandalkan operan-operan yang cepat dan penguasaan bola yang dominan. Mereka tidak mengandalkan operan-operan panjang."

Komentar manajer:
 

 
* Luis Enrique (Barcelona):

"(Kemenangan 2-0 di London) merupakan hasil yang baik meski tidak juga mengubah pendekatan kami menghadapi laga nanti. Pertandingan nanti bakal terbuka, kami menghadapi lawan yang berat dan kami perlu tampil bersungguh-sungguh."

"Tidak jarang pertandingan tampak sempurna karena hasil yang diperoleh, meski senantiasa masih tersedia peningkatan kemampuan. Ini alasan mengapa sepak bola demikian kompleks, 11 pemain menghadapi hal yang sama di lapangan yang sama."

"Kami harus terus mencermati dan mewaspadai pemain berkualitas seperti Mesut Oezil dan Alexis Sanchez. Kami ingin sedapat mungkin menguasai bola untuk menghindari serangan balik lawan. Ini tidak akan mudah, tetapi kami harus terus berusaha."

"Alexis Sanchez pemain penting bagi Arsenal dan bagi timnas negaranya. Ia pemain berkualitas, punya kecepatan dan punya naluri menyerang. Penampilannya terus meningkat sejak ia memperkuat Barcelona. Kami harus berhati-hati dengan dia."



* Arsene Wenger (Arsenal):
"Kuncinya, kami terpacu meningkatkan lini pertahanan agar makin kokoh. Kami harus menyerang. Kami tidak akan terusik dan terpengaruh dengan sederet pemain hebat Barcelona."

:Ini justru memaksa kami untuk terus membenahi performa pertahanan. Koscielny pemain penting bagi kami karena ia punya kecepatan. Barcelona handal dalam melancarkan serangan balik."

"Kami kerapkali nyaris keluar sebagai juara di kompetisi Eropa, meski tidak di sini. Untuk itu, kami perlu mewujudkannya."

"Barcelona berada dalam posisi yang ideal,  meski kami masih punya peluang. Kami tidak juga tampil terlalu buruk (di leg pertama). Kami hanya sedikit kalah di babak pertama dan tersengat oleh serangan balik yang cepat dari lawan."



Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona (4-3-3):

Ter Stegen (penjaga gawang); Alves, Mathieu, Mascherano, Alba; Busquets; Rakitić, Iniesta; Messi, Suárez, Neymar.
Pemain absen: Rafinha (cedera lutut), Sandro (cedera hamstring), Piqué (suspensi)

* Arsenal (4-2-3-1):
Ospina (penjaga gawang); Bellerín, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Coquelin, Elneny; Campbell, Özil, Sánchez; Giroud.
Pemain absen: Ramsey (cedera punggung), Čech (cedera betis), Cazorla (cedera otot Achilles), Oxlade-Chamberlain (cedera lutut), Rosický (cedera paha), Wilshere (cedera betis), Chambers (tidak bergabung dalam skuad)
Absen dalam laga selanjutnya jika menerima kartu: Monreal, Oezil, Campbell, Giroud

Data dan fakta:
* Barcelona sampai ke babak penyisihan grup selama 12 kali berturut-turut di ajang Liga Champions. Mereka mencapai semi-final sebanyak tujuh kali dari delapan putaran.
* Barcelona keluar sebagai juara sebanyak empat kali dari 10 musim di Liga Champions.
* Arsenal menjadi satu tim selain Real Madrid yang mampu melaju ke babak knock-out dari setiap musim Liga Champions sejan format baru diperkenalkan pada 2003/04.
* Arsenal tidak pernah mengalahkan Barcelona di Camp Nou (sekali imbang, dua kalah). Mereka kebobolan tujuh gol dalam dua perjalanan ke Catalonia di ajang Liga Champions.
* Hanya ada satu tim yang mampu mengalahkan Barcelona sekurang-kurangnya dengan kemenangan dua gol di Camp Nou dalam 12 musim Liga Champions (Bayern Muenchen pada May 2013 dengan skor 3-0).
* Barcelona menjadi satu dari dua klub yang masih belum terkalahkan di ajang Liga Champions musim ini. Klub yang lain, Real Madrid. Mereka mampu meraih 16 kali menang dari 20 pertandingan di Liga Champions sejak musim lalu (dua imbang, dua kalah), mampu mencetak gol dalam 20 laga.   
* Sebagai manajer Barcelona, Luis Enrique meraih sembilan kemenangan ketika laga dihelat di Camp Nou dengan mengoleksi 24 gol, dan kebobolan empat gol. Kalau saja menang, maka ini merupakan kemenangan kesepuluh yang merupakan rekor bagi Blaugrana di kompetisi ini.    
   
 Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)
 



* Barcelona: W W W W W

12/3/16 Barcelona 6 - 0 Getafe
6/3/16 Eibar 0 - 4 Barcelona
4/3/16 Rayo Vallecano 1 - 5 Barcelona
29/2/16 Barcelona 2 - 1 Sevilla
24/2/16 Arsenal 0 - 2 Barcelona



* Arsenal: L W D L L
13/3/16 Arsenal 1 - 2 Watford
9/3/16 Hull City 0 - 4 Arsenal
5/3/16 Tottenham Hotspur 2 - 2 Arsenal
3/3/16 Arsenal 1 - 2 Swansea City
28/2/16 Manchester United 3 - 2 Arsenal

Head To Head:
24/2/16 Arsenal 0 - 2 Barcelona
9/3/11 Barcelona 3 - 1 Arsenal
17/2/11 Arsenal 2 - 1 Barcelona
7/4/10 Barcelona 4 - 1 Arsenal
1/4/10 Arsenal 2 - 2 Barcelona

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Barcelona 4 - 0 Arsenal
* Barcelona 3 - 0 Arsenal
* Barcelona 3 - 1 Arsenal

Prediksi jalannya laga:
* Wenger berada di persimpangan jalan mengenai strategi apa yang bakal ampuh menghadapi tim sekelas Barcelona di laga leg kedua.
* Di atas kertas, hampir tidak mungkin Arsenal mampu keluar dari lubang jarum dengan kebobolan dua gol tanpa balas di laga leg pertama.
* Apakah Wenger mampu memotivasi anak asuhannya untuk mengobarkan semangat membara ketika berlaga di Camp Nou. Ini berkaitan dengan hasil memprihatinkan ketika The Gunnners juga tidak meraih hasil positif di ajang Liga Inggris.
* Harapan Arsenal bertumpu kepada kebugaran dan kesiapan Theo Walcott untuk dapat mengimbangi kecepatan dan kelugasan para pemain Barcelona. Ia juga bertugas mengobrak-abrik pertahanan Blaugrana.
* Jika saja Enrique menurunkan trio Neymar, Messi dan Suarez bukan tidak mungkin gawang Arsenal menjadi bulan-bulanan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Barcelona: 3
* Arsenal: 1

    

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016