Jakarta (ANTARA News) - Philippine Airlines (PAL) telah merampungkan kesepakatan pembelian dengan Airbus yang meliputi pesanan tetap (firm order) untuk enam pesawat A350-900, ditambah enam pilihan lain. Kontrak ini meneguhkan nota kesepahaman yang diumumkan pada awal tahun ini di Singapore Airshow 2016.

 

A350 XWB akan menjadi pesawat andalan dari armada penerbangan jarak jauh PAL pada masa mendatang, dan akan dilengkapi dengan konfigurasi premium tiga kelas. 




Pesawat ini akan melayani penerbangan langsung ke Amerika Serikat dan berbagai tujuan baru di Eropa, sebagaimana dinyatakan Airbus Industri, baru-baru ini.

 

"Kami sangat senang bisa merampungkan proses pemesanan yang penting ini, dan saat ini kami tengah menentukan layout final pesawat tersebut," kata President & COO Philippine Airlines, Jaime J Bautista. 




"Dengan A350, kami akan memperkenalkan tingkat kenyamanan yang baru untuk penerbangan jarak jauh, yang ditunjang oleh ruang pribadi yang lebih luas di semua kelas, kabin yang lebih tenang, serta fasilitas on-board terbaru,” kata dia. 




“Tak hanya itu, kami pun akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan efisiensi A350 serta kemampuannya untuk terbang langsung bahkan pada rute penerbangan terpanjang kami, yaitu New York ke Manila, sepanjang tahun,” katanya. 

 

"Pesanan dari Philippine Airlines mengukuhkan posisi A350 XWB sebagai pesawat pilihan pada kategori lorong ganda yang lebih besar," kata Airbus Chief Operating Officer, Customers, John Leahy. 




"A350 XWB telah mencetak standar baru dengan menggabungkan kemampuan terbang pada jarak ekstra-jauh dan biaya operasi terendah jika dibandingkan dengan seluruh pesawat lain di kelasnya,” ujarnya.




“A350 XWB akan menjadi pesawat yang sempurna bagi Philippine Airlines untuk mengukuhkan posisinya sebagai salah satu maskapai premium terkemuka di Asia, terutama untuk rute terpanjang antarbenua maskapai penerbangan itu,” katanya.

 

A350 XWB adalah anggota terbaru dari keluarga pesawat berbadan lebar Airbus. 




Dengan desain aerodinamis yang paling modern, badan dan sayap dari serat karbon, ditambah mesin Rolls-Royce Trent XWB baru yang efisien, A350 XWB dapat memangkas penggunaan bahan bakar dan emisi hingga 25 persen, serta mengurangi biaya pemeliharaan secara signifikan. 




Bagi penumpang, kabin ekstra-lebar menawarkan ruang yang lebih luas, didukung kursi selebar 18 inci sebagai standar di kelas ekonomi.

 

Sampai saat ini, Airbus telah mencatat 783 pesanan untuk A350 XWB dari 42 pelanggan di seluruh dunia, menjadikannya salah satu pesawat berbadan lebar yang paling sukses yang pernah ada.




Airbus A359 XWB merupakan seri A350 yang dikembangkan, dan terdiri dari tiga varian utama, yaitu A350-800, A350-900, dan A350-1000. Konfigurasi kursi yang bisa dipasang dari ketiga varian ini adalah 250-440 kursi dalam berbagai kelas layanan.  




A350XWB juga merupakan pesawat terbang komersial dengan kandungan serat karbon paling banyak ketimbang pesawat terbang komersial manapun. Dari sisi kompetitor utamanya, kelas jumlah kursi A350XWB ada di antara Boeing B-787 Dreamliner dan Boeing B-777-9. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016