Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara menerima alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2016 sebesar Rp30 miliar.

Penjabat Bupati Buton Selatan Hm Faisal melalui telepon dari Batauga mengatakan dana ADD sebesar Rp30 miliar tersebut disalurkan kepada 60 desa yang tersebar di tujuh wilayah kecamatan di Buton Selatan.

"Setiap desa di Buton Selatan mendapatkan porsi dana ADD tahun ini rata-rata sebanyak Rp500 juta," katanya.

Menurut dia, dana ADD yang disalurkan kepada setiap desa tersebut dapat digunakan membangun infrastruktur desa seperti memperbaiki Kantor Desa atau membangun Balai Desa dan pengadaan alat tulis kantor.

Selain itu kata dia, juga bisa digunakan membiayai kegiatan operasional pemerintahan desa dan membayar gaji kepala desa termasuk honor perangkat desa dan anggota Badan Permusyaratan Desa atau BPD.

"Diharapkan dengan dana ADD yang disalurkan kepada setiap desa di Buton Selatan, roda pemerintahan desa dapat berjalan efektif dan efisien serta pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan sebagaimana mestinya," katanya.

Ia mengatakan sejumlah desa di Buton Selatan belum memiliki Balai Desa untuk tempat pertemuan dengan masyarakat.

Diharapkan ujarnya, para kepala desa dapat menggunakan dana ADD untuk membangun Balai Pertemuan atau memperbaiki Kantor Desa, sehingga berbagai permasalahan di desa dapat dimusyawarahkan di Balai Pertemuan Desa.

Pewarta: Agus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016