Surabaya (ANTARA News) - Kontingen PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV (Persero) berhasil mengharumkan nama bangsa setelah pada "ASEAN Ports Association (APA) Sports Meet" di Ho Chi Minh City, Vietnam pada 10-13 Mei, tampil sebagai juara umum.

Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto dalam keterangannya, Jumat, menjelaskan atlet gabungan dari Pelabuhan Indonesia (Pelindo) keluar sebagai juara umum pada turnamen antar-pengelola pelabuhan di Asia Tenggara tersebut, setelah mengantongi 19 medali emas dari 33 medali emas yang diperebutkan.

APA Sport Meet 2016 tersebut diikuti sembilan negara yakni Malaysia, Indonesia, Thailand, Brunei Darusalam, Vietnam, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Myanmar.

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang yang ke-12 tersebut meliputi golf, futsal, bulu tangkis, mini maraton, tenis meja, dan tenis lapangan.

Menurut Edi, total medali yang diperebutkan sebanyak 33 medali emas, dengan rincian 6 medali emas dari cabang olahraga golf, 1 medali emas dari futsal, 8 medali emas dari mini maraton, 6 medali emas dari tenis lapangan, 6 medali emas dari tenis meja, serta 6 medali dari bulu tangkis.

Berdasarkan hasil akhir kompetisi pada hari ini, Indonesia meraih 19 medali emas, 14 perak, dan 9 perunggu atau total sejumlah 42 medali, sehingga kontingen Pelindo sebagai juara umum.

Dari 19 medali emas yang diperoleh, 3 medali diperoleh dari cabang golf, 6 medali dari mini maraton, 3 medali dari tenis lapangan, 2 medali dari cabang tenis meja, dan 5 medali dari bulu tangkis.

Untuk meraih juara umum, kontingen Pelindo telah melakukan pemusatan latihan para atletnya selama sepekan di Surabaya pada awal Mei 2016. Para atlet dikarantina dan menjalani latihan intensif.

"Atlet yang dikirim ke Vietnam merupakan para atlet pemenang kompetisi Porseni Pelindo 2015 yang diikuti oleh Pelindo I, II, III, dan IV di Medan, akhir tahun lalu," imbuhnya.

APA Sports Meet berikutnya akan diselenggarakan pada tahun 2018 di Indonesia, demikian Edi Priyanto.

Pewarta: Slamet AS
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016