Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaan PT Pertamedika yang mengelola Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) akan segera membangun rumah sakit di Arab Saudi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, seusai penandatanganan kontrak pengembangan kilang Cilacap dengan Saudi Aramco di Jakarta, Senin, mengatakan BUMN minyak itu telah mendapatkan komitmen untuk membangun rumah sakit di Saudi.

"Indonesia sudah dapat komitmen untuk membangun rumah sakit Indonesia di Arab Saudi. Kebetulan yang masuk RSPP," kata Sudirman.

Menteri penghubung investasi Indonesia dan Arab Saudi ini mengaku telah menggalang kerja sama dengan Menteri Kesehatan Arab Saudi.

"Sekarang sudah sampai tahap penandatanganan antara Menteri Kesehatan RI dan Menteri Kesehatan Arab Saudi," sambung Sudirman.

Rumah sakit Indonesia di Saudi dibutuhkan demi melayani jemaah haji Indonesia dan mengakomodasi kebutuhan tenaga kerja Indonesia di Saudi.

Sehari sebelumnya, Pangeran Arab Saudi Prince Alwaleed Bin Talal Bin Abdulaziz Alsaud selagi menemui Presiden Jokowi menawarkan kesempatan kepada Indonesia untuk membuka rumah sakit di Saudi. Indonesia bahkan sudah mendapatkan alokasi lahan untuk itu.

Saudi juga mengaku berminat memperbesar investasi, khususnya pada sektor pariwisata dan portofolio keuangan di Indonesia.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016