Temanggung (ANTARA News) - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memulai perbaikan jalan alternatif, dengan menambal badan-badan jalan berlubang, yang ditargetkan selesai pada H-10 Lebaran 2016.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Temanggung, Hendy Wahyu, di Temanggung, Selasa, mengatakan perbaikan jalan dipusatkan di tiga titik jalur alternatif, yakni Kandangan-Tegong, Maron-Geneng, dan Kandangan-Dakaran.

"Penambalan jalan tersebut bersifat sementara, karena setelah Lebaran akan dilakukan peningkatan jalan atau pelapisan kembali," katanya.

Ia mengatakan penambalan dilakukan untuk mengantisipasi arus mudik dan balik Lebaran 2016, sedangkan kegiatan pemeliharaan jalan tidak bisa dilakukan saat ini karena antrean untuk mendapatkan aspal di perusahaan pengolahan aspal.

Penambalan jalan, katanya, telah dimulai minggu lalu untuk jalur Maron-Geneng sedangkan Kandangan-Tegong dan Kandangan-Dakaran dimulai pada pekan depan, dengan target selesai H-10 Lebaran.

"Harapannya lubang-lubang jalan di ketiga jalur tersebut pada arus mudik dan balik sudah ditambal dan tidak ada material di jalan," katanya.

Ia menuturkan setelah lebaran juga dilakukan pelebaran jalan di tiga jalur tersebut, yakni satu meter di sisi kiri dan satu meter di sisi kanan. Harapannya nanti jalan bertambah lebar dan baik.

"Khusus di jalur Maron-Geneng akan dilakukan pengeprasan jalan karena ada tanjakan terlalu curam," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016