Lyon, Prancis (ANTARA News) - Tandukan dari bek Gareth McAuley dan gol pada fase akhir pertandingan dari pemain pengganti Niall McGinn membawa Irlandia Utara menang 2-0 atas Ukraina, pada pertandingan Grup C Piala Eropa mereka, Kamis.

McAuley melompat mengungguli bek Yevhen Khacheridi untuk menyambut tendangan bebas Oliver Norwood pada awal babak kedua, dan memeriahkan pertandingan yang berlangsung keras di bawah guyuran hujan.

McGinn menambahi gol kedua pada masa akhir pertandingan setelah kiper Ukraina Andriy Pyatov hanya dapat menepis tembakan dari Stuart Dallas.

Hasil ini membuat Ukraina masih tanpa angka namun berarti Irlandia Utara kini mengantungi tiga angka, dan berpeluang mencapai 16 besar, ketika mereka akan memberanikan diri untuk pertandingan terakhir di fase grup melawan Jerman Selasa depan.

Pelatih Michael ONeill mendapat ganjaran manis pada perjudiannya yang melakukan lima perubahan dari tim yang kalah 0-1 dari Polandia pada pertandingan pembukaan, termasuk memasinkan penyerang Conor Washington untuk menggantikan Kyle Lafferty, pencetak gol terbanyak bagi tim di fase kualifikasi.

Meski Ukraina menikmati dua pertiga penguasaan bola pada babak pertama, Irlandia Utara memiliki lebih banyak tembakan ke gawang, peluang terbaik hadir melalui tembakan menyengat dari sudut sempit yang dilepaskan kapten Steven Davis yang masih dapat ditepis Pyatov.

Tandukan Craig Cathcart menyambut tendangan sudut masih melambung pada menit ke-33, dan Jamie Ward melepaskan tembakan melebar setelah mendapat umpan terobosan dari Davis.

Untuk Ukraina, Serhiy Sydorchuk melepaskan tembakan yang melambung di atas mistar gawang dari sapuan yang gagal, dan penyerang tengah Yevhen Seleznyov tidak mampu menyambut umpan silang Andriy Yarmolenko dengan sundulan kepala.

Yaroslav Rakitskiy melepaskan tembakan jarak jauh yang dapat diantisipasi kiper Michael McGovern, dan Konoplyanka melepaskan tendangan bebas ke atas mustar gawang dari jarak 30 meter.

Permainan berlangsung terbuka setelah terciptanya gol McAuley setelah turun minum, dan Sydorchuk melepaskan sundulan yang masih mampu diselamatkan dari tendangan sudut.

Setelah pertandingan sempat dihentikan sementara karena hujan es, Viktor Kovalenko melepaskan tembakan melebar dari tepi kotak penalti, dan upaya kedua tercipta dari jarak serupa beberapa menit kemudian.

Pemain pengganti Olexandr Zinchenko melompat melewati para pemain bertahan namun sundulannya mengarah lurus ke McGovern, dan beberapa saat kemudian sang kiper meluncur ke sisi kiri untuk menggagalkan tembakan jarak jauh dari Andriy Yarmolenko.

Ukraina kembali mendominasi penguaaan bola, namun ruang mereka sendiri terbuka ketika mereka mengupayakan gol penyama kedudukan, dan McGinn memastikan kemenangan timnya melalui torehan golnya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016