Kami mengunjungi Pasar Johar Karawang dan Pasar Sederhana Kota Bandung, intinya ketersediaan kebutuhan pokok terpenuhi,"
Bandung (ANTARA News) - Komisi IV DPR, Kementerian Perdagangan dan Bulog melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan pokok di dua pasar di Karawang dan Kota Bandung, Jabar, Senin.

"Kami mengunjungi Pasar Johar Karawang dan Pasar Sederhana Kota Bandung, intinya ketersediaan kebutuhan pokok terpenuhi, meski ada pergerakan peningkatan permintaan untuk beberapa komoditas terutama daging sapi dan daging ayam," kata Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo saat meninjau Pasar Sederhana Kota Bandung.

Dalam kunjungannya itu, para anggota dewan melakukan dialog dengan para pedagang terkait pasokan kebutuhan pokok seperti beras, daging sapi, daging ayam, minyak goreng, telur ayam, terigu, gula pasir dan lainnnya.

Selain mengunjungi pasar tradisional, juga melakukan peninjauan ke pasar swalayan. Superindo di Jalan Dago Kota Bandung serta mengecek kesiapan stok beras di Gudang Bulog Cimindi Kota Cimahi.

"Kami melihat dan mendapat informasi langsung dari para pedagang, juga paparan pengadaan stok kebutuhan pokok masyarakat," kata Edhy.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Chaeron menyatakan alur distribusi kebutuhan pokok juga menjadi salah satu fokus dalam beberapa pekan ke depan khususnya menjelang Lebaran 2016.

"Kehadiran pasar murah dan operasi pasar diperlukan. Diharapkan pemilihan titik-titik operasi pasar dilakukan di lokasi yang tepat," katanya.

Ia menyebutkan, kehadiran operasi pasar akan membantu menekan kenaikan harga pasar, secara psikologis bisa mempengaruhi pasar.

"Mungkin dampaknya kecil. Namun secara psikologis bisa menjaga harga minimal tidak ada kenaikan untuk komoditas tertentu," katanya.

Sementara itu Kepala Bulog Divre Jabar, Alip Affandi menyatakan hasil pantauan di lapangan harga beras bisa ditekan bahkan bisa menjaga harga tidak naik, bahkan trend-nya turun.

"Harga beras medium saat ini Rp8.000, per kilo, dan premium Rp10.000,. Untuk premium bahkan ada penurunan harga," kata Alif Afandi.

Sementara itu terkait stok beras di Bulog Jabar saat ini aman untuk 6,5 bulan ke depan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016