Paris (ANTARA News) - Penyerang tim nasional Jerman, Mario Gomez, mencetak gol pada menit 29 yang untuk sementara membuat timnya mengungguli Irlandia Utara hingga babak pertama usai dalam laga penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Selasa.

Gol tersebut berawal dari umpan terobosan nan cermat dari Mesut Oezil yang disambut oleh Thomas Mueller, penjagaan ketat yang didapati pemain Bayern Muenchen itu tak mengurangi kecakapan visi bermainnya yang dengan tenang menyorongkan bola kepada Gomez yang berdiri tanpa kawalan ketat di belakangnya.

Gomez lantas melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri, bola sempat membentur barisan pertahanan Irlandia Utara namun tetap meluncur ke dalam gawang.

Apabila kedudukan bertahan maka Jerman akan mengoleksi tujuh poin dengan surplus tiga gol dan berkesempatan memantapkan diri sebagai juara Grup C, dengan catatan di laga lain Polandia gagal menang lebih dengan selisih lebih dari tiga gol atas Ukraina.

Jerman sebetulnya memiliki peluang untuk memperoleh keunggulan lebih awal, jika saja umpan tumit Sami Khedira berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh Mario Goetze yang masih bisa dimentahkan oleh penjaga gawang Michael McGovern pada menit 12.

Sementara itu Mueller sendiri memiliki dua peluang pada menit 27 dan 34 yang selalu digagalkan oleh tiang gawang.

Khedira pada menit 35 berkesempatan menggandakan keunggulan Jerman, namun bola tendangannya menyambut sepak pojok masih membentur barisan pertahanan Irlandia Utara.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Irlandia Utara (4-5-1): Michael McGovern (PG); Aaron Hughes, Gareth McAuley, Craig Cathcart, Jonny Evans; Jamie Ward, Corry Evans, Oliver Norwood, Steven Davis, Stuart Dallas; Conor Washington
Pelatih: Michael O'Neill

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer (PG); Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Mats Hummels, Jonas Hector; Sami Khedira, Toni Kroos; Thomas Mueller, Mesut Oezil, Mario Goetze; Mario Gomez
Pelatih: Joachim Loew

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016