Paris (ANTARA News) - Tim nasional Jerman hanya berhasil menang tipis 1-0 atas Irlandia Utara dalam laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu dini hari WIB.

Meski demikian kemenangan tersebut cukup untuk mengantarkan Tim Panser menjuarai Grup C dengan mengantongi tujuh poin dan agregat gol surplus tiga, lebih unggul dibandingkan surplus dua gol milik Polandia yang di laga lain juga meraih kemenangan 1-0 atas Ukraina. Keduanya melangkah ke babak 16 besar sebagai peringkat satu dan dua Grup C.

Sementara bagi Irlandia Utara, meski mereka kalah, namun berpeluang besar lolos ke 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik dengan raihan tiga poin dan agregat gol impas.

Laga tersebut menjadi kali pertama di putaran final Piala Eropa 2016 pelatih Joachim Loew memutuskan menggunakan seorang penyerang murni di tim utamanya, ketimbang menerapkan "false nine" sebagaimana di dua laga pertama.

Penyerang Fiorentina yang musim lalu dipinjamkan ke klub Turki Besiktas, Mario Gomez, menjadi pencetak gol semata wayang kemenangan Jerman pada menit 29.

Gol tersebut berasal dari umpan terobosan Mesut Oezil, yang disambut Thomas Mueller, namun penjagaan ketat membuat pemain Bayern Muenchen itu menyodorkan bola kepada Gomez yang berdiri sedikit leluasa dan melepaskan tendangan keras tak terbendung.

Mueller sendiri memiliki dua kesempatan mencetak gol pada menit 27 dan 34 namun selalu digagalkan oleh tiang gawang.

Pada babak kedua, Gomez memiliki sedikitnya empat peluang emas untuk menggandakan keunggulan Jerman sekaligus menambah pundi-pundi golnya, namun tak satupun membuahkan hasil.

Sami Khedira pada menit 59 melepaskan tendangan mendatar yang bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Michael McGovern namun bola memantul mengarah ke Gomez yang berlari sendirian tanpa kawalan, akan tetapi sundulannya melenceng dari sasaran.

Kemudian pada menit 74 dan 77 Gomez gagal menjangkau umpan silang yang dikirimkan Jonas Hector. Ketika pada akhirnya tandukan Gomez menemui bola umpan silang Joshua Kimmich pada menit 81, McGovern sigap menepis datangnya bola.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Irlandia Utara (4-5-1): Michael McGovern (PG); Aaron Hughes, Gareth McAuley, Craig Cathcart, Jonny Evans; Jamie Ward (Josh Magennis), Corry Evans (Niall McGinn), Oliver Norwood, Steven Davis, Stuart Dallas; Conor Washington (Kyle Lafferty)
Pelatih: Michael O'Neill

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer (PG); Joshua Kimmich, Jerome Boateng (Benedikt Hoewedes), Mats Hummels, Jonas Hector; Sami Khedira (Bastian Schweinsteiger), Toni Kroos; Thomas Mueller, Mesut Oezil, Mario Goetze (Andre Schuerrle); Mario Gomez
Pelatih: Joachim Loew

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016