Rencananya saya akan pulang ke Sukabumi kemarin, tetapi khawatir terjebak macet ..."
Sukabumi (ANTARA News) - Kepadatan kendaraan yang masuk jalur mudik Idul Fitri 1437 Hijriyah di utara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang menghubungkan wilayah Sukabumi dengan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) pada Senin berkurang dibandingkan sehari sebelumnya.

Jalur mudik di lintas Sukabumi terpantau kendaraan yang antre di jalur mudik masih tetap padat, tetapi tidak sepadat pada sehari sebelumnya. Mayoritas kendaraan yang masuk adalah kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Hingga sekira pukul 17.00 WIB kepadatan kendaraan pun masih terjadi di beberapa lokasi, seperti di pusat perbelanjaan dan persimpangan.

Bahkan, di beberapa lokasi terlihat arus lalu lintas lancar walaupun mayoritas jalur mudik dari perbatasan Sukabumi dengan Bogor hingga Kota Sukabumi relatif padat.

Puncak arus mudik sudah terjadi pada H-4 dan H-3 lebaran, dan H-2 ini kendaraan yang masuk ke jalur mudik sudah relatif berkurang, demikian data dari Seksi Pengendalian Operasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sukabumi.

Diperkirakan instansi tersbut, volume kendaraan yang masuk Sukabumi akan semakin berkurang pada malam hari di H-2 ini, namun petugas gabungan masih tetap bersiaga di jalur mudik antisipasi adanya pengalihan arus kendaraan yang awalnya menuju Puncak, Bogor.

Selain itu, kepadatan kendaraan akan terjadi di pusat-pusat perbelanjaan, karena banyak warga yang keluar rumah untuk berbelanja kebutuhan lebaran.

Dari pendataan yang dilakukan instansi itu, kendaraan pemudik yang masuk ke Sukabumi saat ini didominasi oleh kendaraan roda dua, walaupun kendaraan pribadi jenis mobil volume masih tinggi, tetapi tidak sebanyak pada H-3.

Hingga kini tidak ada kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa, walaupun ada kecelakaan korbannya hanya mengalami luka ringan.

Salah seorang pemudik asal Bogor, Maulana, mengatakan lebih memilih pulang ke kampung halamannya di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi pada Senin ini.

"Rencananya saya akan pulang ke Sukabumi kemarin, tetapi khawatir terjebak macet, akhirnya saya memilih pulang pada hari ini dan sepanjang jalur mudik tidak ada kemacetan yang berarti hanya saja di sekitar pusat perbelanjaan," katanya menambahkan.

Pewarta: Aditya A. Rohman
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016