Jakarta (ANTARA News) - Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengoperasikan mobil-mobil toilet (toilet mobile) untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di sejumlah tempat wisata selama masa libur Lebaran.

"Demi kenyamanan para pengunjung selama berada di tempat-tempat wisata, kami mengoperasikan mobil toilet dalam jumlah yang cukup banyak," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, mobil-mobil toilet tersebut dioperasikan di sejumlah pusat wisata serta pemakaman, diantaranya Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Kawasan Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Sedangkan untuk penanganan sampah, kami mengoptimalkan Roadsweeper (mobil penyapu jalan otomatis), kendaraan lintas dan juga gerobak motor untuk menyisir timbunan-timbunan sampah yang ada di trotoar dan jalanan," ujar Isnawa.

Sebagai pelayanan bagi para pemudik, dia mengungkapkan pihaknya juga juga mengoperasikan mobil toilet selama 24 jam penuh di jalur Kalimalang, tepatnya di Pangkalan Jati Kalimalang, Jakarta Timur.

"Jadi, selain para pengunjung di tempat-tempat wisata, kami juga mengoperasikan mobil toilet di salah satu jalur mudik, yaitu di Kalimalang. Dengan demikian, diharapkan dapat membuat para pemudik merasa nyaman," ungkap Isnawa.

Lebih lanjut, Dinas Kebersihan DKI juga mengoptimalkan pengangkatan sampah di beberapa pasar yang ada di Jakarta, diantaranya Pasar Rawabadak, Pasar Cempaka, Pasar Cempaka Putih, Pasar Tebet Barat, Pasar Minggu, Pasar Cengkareng, Pasar Koja, Pasar Bahari, Pasar Pelita dan lain-lain.

"Intinya, kami ingin selalu dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga Jakarta. Mulai dari petugas kebersihan hingga seluruh peralatan operasional pendukungnya kami kerahkan untuk menjaga supaya wilayah ibukota tetap bersih," tutur Isnawa.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016