Jakarta (ANTARA News) - Kepala Terminal Bus Kalideres, Revi Zulkarnaen, mengatakan, kedatangan bus-bus dari Jawa Tengah dan Pulau Sumatera pada hari ini banyak yang terlambat. 

Menurut dia, di Jakarta, Minggu, keterlambatan bus-bus itu bervariasi. Untuk bus dari daerah Jawa Tengah, keterlambatan mencapai enam jam. Sedangkan bus-bus dari Pulau Sumatera terlambat sekitar dua hingga tiga jam.

"Seperti, misalnya, ada satu bus dari Jawa Tengah yang seharusnya sudah datang jam 04.00 WIB, tapi malah baru sampai jam 10.00 WIB. Begitu juga dengan bus-bus dari Sumatera," ujar dia. 

Terhitung sejak pukul 00.00 hingga 13.00 WIB, dia menuturkan, sudah ada sebanyak 137 bus yang tiba di Terminal Kalideres dengan total penumpang 2.288 orang.

"Kami mencatat sampai siang ini, mayoritas bus dari Sumatera, sekitar 60 persen. Kemudian bus dari Jawa Tengah 30 persen serta bus dari Jawa Barat dan Banten 10 persen. Kalau bus dari Jawa Timur belum ada yang masuk, lagi pula armadanya cuma sedikit," tutur Zulkarnaen. 

"Kami perkirakan puncak arus balik akan terjadi pada hari ini, apalagi Senin besok (11/7) sudah mulai masuk kerja. Kemungkinan bisa sampai 3.500 orang. Tapi kami belum bisa pastikan waktunya. Bisa saja pada dini hari nanti penumpang mulai datang," kata dia. 

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016