Jambi (ANTARA News) - Tim Satgas Polda Jambi menangkap kembali tiga orang tahanan blok narkoba Mapolda Jambi yang kabur dari dalam sel tahanan beberapa waktu lalu.

Ketiganya ditangkap di luar daerah, dan satu di antaranya berada di Provinsi Sumatera Selatan. Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi, di Jambi Senin, mengatakan ketiga tahanan Polda Jambi yang sempat dijadikan DPO pascakabur dari sel tahanan pada 23 Mei lalu berhasil ditangkap kembali oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) pada Sabtu(16/7) lalu di lokasi yang berbeda.

Ketiga tahanan tersebut adalah B alias A yang ditangkap di Bangko, Kabupaten Merangin, AR alias C ditangkap di kawasan Lubuk Linggau, Provinsi Sematera Selatan dan F alias D ditangkap di kawasan Pauh, Kabupaten Sarolangun.

"Ketiganya merupakan tahanan sekaligus DPO kasus narkoba dan ditangkap dari lokasi yang berbeda," kata Kuswahyudi.

Setelah dibekuk dari tiga daerah tersebut, kini ketiga tahanan itu kembali dibawa ke rumah tahanan Polda Jambi untuk diproses kasusnya atas kabur dari sel tahanan bersama sembilan tahanan lainya pada Mei lalu.

Dari sembilan tahanan yang kabur dari sel Mapolda Jambi, kini tinggal empat orang tahanan lagi yang masih berkeliaran dan terus diburu oleh anggota. Sebelumnya, satu orang tahanan kasus senpi ilegal berhasil diamankan wilayah Tanjab Timur beberapa waktu yang lalu.

"Tim kini masih terus menggali informasi terkait keberadaan para DPO tahanan kabur tersebut," kata Jurubicara Polda Jambi, Kuswahyudi Tresnadi kepada sejumlah wartawan.

Sementara itu, empat oknum anggota Polda Jambi yang berjaga di sel saat tahanan itu kabur, kini diamankan dan diproses oleh Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Jambi, guna mempertanggungjawabkan kaburnya sembilan tahanan tersebut.

Sebelumnya para tahanan yang kabur dari sel rutan Mapolda Jambi dengan cara mengergaji besi sel di kamar mandi, kemudian kesembilan orang tahanan blok narkoba berhasil kabur, namun dua di antarannya berhasil dibekuk kembali oleh petugas beberapa jam kemudian setelah kabur oleh petugas jaga.

Sedangkan tujuh orang tahanan lainnya berhasil meloloskan diri untuk kabur dan dari tujuh orang tersebut, tiga di antaranya sudah kembali berhasil ditangkap dan masih ada empat orang lagi yang diburu tim Satgas Polda Jambi yang ditugaskan untuk melacak keberadaan dan menangkapnya kembali, kata Kuswahyudi Tresnadi.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016