Yang pasti, kerukunan yang tercipta di Kampung Sawah ini tidak instan terjadi. Melainkan warisan turun temurun generasi pendahulu kami yang tetap kami jaga sebab kami menyadari, kekuatan akan kebersamaan dan kerukunan merupakan hal yang paling pentin
Bekasi (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri akan mendorong Kampung Sawah, Kota Bekasi, sebagai kawasan percontohan kerukunan umat beragama.

"Kerukunan yang sudah terbentuk layaknya catatan sejarah ini, menjadi poin plus penilaian karena bisa terjaga eksistensinya hingga sekarang. Pola-pola kerukunan seperti ini yang harus diangkat di skala lebih luas," kata Ketua Tim Klarifikasi Kelurahan Kementerian Dalam Negeri David Yama di Bekasi, Senin.

Hal itu dikatakannya saat melakukan penilaian lomba kelurahan tingkat nasional di Kampung Sawah Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondokmelati Kota Bekasi, Senin (1/8).

Menurut dia, kerukunan umat beragama yang terjalin di antara warga Kampung Sawah menjadi poin penting yang teridentifikasi tim.

Dalam agenda klarifikasi penilaian tersebut, tim juri diajak melihat langsung simulasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Kampung Sawah dengan mengedepankan konsep kerukunan.

Salah satunya ialah penyelenggaraan dialog kerukunan yang digelar perwakilan warga dari lintas agama dalam rangka membahas kondisi aktual yang tengah terjadi di lingkungannya hingga pencarian solusi untuk penanganan masalah tersebut.

Pelaksanaan dialog tersebut tidak digelar oleh lembaga formal, melainkan forum informal yang tetap rutin diselenggarakan.

Tim juri juga diajak melihat langsung peran radio komunitas Suara Kampung Sawah yang berperan sebagai media informasi warga.

Selain menginformasikan berita-berita terkait warga juga sosialisasi program-program pemerintah, radio ini juga kerap menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan.

"Misalnya saat pelaksanaan solat Idul Fitri, disampaikan masjid mana saja yang menggelar berikut imam dan khotib yang bertugas. Saat ada acara demikian, warga non Muslim ikut berpartisipasi dengan mengatur keamanan juga membantu kelancaran parkir serta lalu lintas sekitar," kata salah satu tokoh warga setempat Yacob Napiun.

Turut diperlihatkan juga acara "babarit" yang merupakan konsep modern dari pelaksanaan upacara sedekah bumi. Minimal setahun sekali, acara ini diselenggarakan sebagai bentuk syukur atas kebaikan yang diperoleh sepanjang tahunnya.

"Yang pasti, kerukunan yang tercipta di Kampung Sawah ini tidak instan terjadi. Melainkan warisan turun temurun generasi pendahulu kami yang tetap kami jaga sebab kami menyadari, kekuatan akan kebersamaan dan kerukunan merupakan hal yang paling penting dan ampuh dalam menghadapi hal apa pun," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016