Bengkayang, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang, menginginkan, pelabuhan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, dibangun demi meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. 

"Pemerintah pusat dan daerah harus segera membangun pelabuhan, agar bisa meningkatkan pendapatan masyarakat Bengkayang," tutur dia saat penyerapan aspirasi masyarakat di Kantor Bupati Bengkayang, Bengkayang, Kalimantan Barat, Kamis. 

Tokoh politik yang berlatar pengusaha asal Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, ini mengatakan, selama ini kegiatan ekspor bahan-bahan mentah dari Bengkayang harus dilakukan melalui pelabuhan di wilayah lain.

Padahal, bila memiliki pelabuhan sendiri, keuntungan daerah dari ekspor bisa meningkat. "Masa kita produksi yang untung wilayah lain, (karena kita terpaksa ekspor lewat propinsi lain)," tutur dia. 

Kabupaten Bengkayang dikenal berpotensi pada sumber daya alam sektor pertambangan khususnya emas dan perkebunan yakni kelapa sawit. 

Selain pelabuhan, dia menilai perlu peningkatan kualitas rumah sakit umum daerah Bengkayang, menjadi rumah sakit tipe C. 

"Saya pergi ke RSUD Bengkayang, saya sedih. Padahal rumah sakit itu dokternya banyak. Ada enam dokter umum, enam dokter spesialis, satu dokter gigi, 17 bidan, 86 perawat. Harusnya sudah meningkat ke kelas C," kata dia. 

"Harus diselesaikan rumah sakit baru. Kalau bisa kahir tahun ini atau Februari, Maret di tahun depan, karena makin hari makin banyak orang sakit," imbuh Oso.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016