Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengapresiasi banyak anak muda yang bersedia menjadi saksi di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024.

"Mereka begitu semangat dan pada umumnya anak muda, senang saya," kata OSO dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

OSO menilai para saksi TPS tersebut sangat penting dalam setiap gelaran pemilu dan keberadaannya akan membantu tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mengawal rekapitulasi suara nasional.

"Nah inilah kita sebetulnya kita membantu meringankan beban KPU juga," ujarnya.

Partai Hanura menggelar pelatihan bagi para saksi dari Partai Hanura yang tergabung dalam Badan Saksi Nasional (BSN) Partai Hanura. Pelatihan yang diikuti saksi dan kader Hanura dari seluruh Indonesia tersebut berlangsung pada 18-20 Januari di Jakarta.

Lebih lanjut OSO juga mengatakan kegiatan pelatihan tersebut juga menjadi evaluasi kesiapan saksi dari Partai Hanura di seluruh wilayah Indonesia.

Mantan wakil ketua MPR RI itu juga menekankan pentingnya peran para saksi dalam proses pemungutan suara di TPS, seraya mengatakan kunci kemenangan partai berawal dari TPS.

"Jumlah suara itu di tiap TPS itu kan pada saat itu juga ketahuan, eh kamu berapa, partai ini berapa partai ini berapa, itu kan ketahuan. Kok tiba-tiba sampai bisa kurang (jumlah suaranya), begitu umpamanya," kata OSO.

Lebih lanjut OSO juga berharap para saksi Partai Hanura untuk bekerja secara serius dan menjamin keabsahan suara partai dalam pesta demokrasi tersebut.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024