Setiap pemain wajib memberi penampilan terbaik bagi rekan sesama tim
London (ANTARA News) - Chelsea diguncang cemas, West Ham diusik gundah. Dua skuat sama-sama mengalami keprihatinan mendasar dari setiap perjalanan hidup di laga serba kompetitif bertajuk Liga Inggris musim 2016/17.

Antonio Conte yang membesut skuat berjuluk the Blues bersiap melakoni laga perdana, sementara Slaven Bilic yang melatih the Hammers terus menyiapkan diri untuk berlaga di Piala Eropa dengan melambungkan asa dapat meraih hasil positif.

Chelsea siap menjamu West Ham dalam laga Liga Inggris yang digelar di Stamford Bridge, London pada Senin malam, atau Selasa dini hari pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sports 1.

Chelsea sedang dirundung cemas, lantaran finis di peringkat ke-10 klasemen Liga Inggris musim 2015/16. Ini jelas menjadi pekerjaan rumah tidak ringan bagi Conte.

Manajer berpaspor Italia itu tidak berpangku tangan. Conte kemudian mengambil inisiatif merekrut gelandang N'Golo Kante dari Leicester dan penyerang Michy Batshuayi dari Marseille.

Baik Kante maupun Batshuayi siap menjalani debut melawan pasukan the Hammers. Kedua tim sama-sama pernah menelan hasil imbang dalam laga yang digelar di Stamford Bridge pada musim 2015/16.

West Ham di bawah arahan Bilic yang dikenal berpembawaan nyentrik itu berusaha menyongsong dan menyambut tantangan musim kopmpetisi ini dengan memboyong sejumlah pemain bertalenta, sebut saja Andre Ayew, Arthur Masuaku dan Sofiane Feghouli.

Chelsea tidak diusik dengan cedera pemain. Kurt Zouma terus berjuang agar berangsur pulih dari cedera lutut.

Pada bagian lain, Bilic mengambil dan menempuh sejumlah langkah untuk mengubah penampilan tim asuhannya agar bertanding dengan mengandalkan serangan yang berbuah gol.

Hanya saja, ia telah mengofirmasi bahwa Dimitri Payet tidak cukup fit turun bertanding di Stamford Bridge. Ia tengah menjalani masa pemulihan setelah membela timnas Prancis di ajang Piala Eropa 2016.

Ayew dan Masuaku suap mengisi posisi yang ditinggalkan Payet itu. Hanya saja, Aaron Cresswell dan Manuel Lanzini (keduanya mengalami cedera lutut) belum bisa diturunkan.

Komentar manajer:

* Antonio Conte (Chelsea):

"Kalau anda menyaksikan pertandingan-pertandingan Leicester maka anda mengerti dan memahami bahwa para pemain mereka dipenuhi oleh semangat bertanding yang berkobar-kobar."

"Setiap pemain wajib memberi penampilan terbaik bagi rekan sesama tim karena ia tahu bahwa rekannya itu akan memberi bantuan dalam lain kesempatan."

"Perasaan dan semangat seperti itulah yang juga penting dimiliki jika ingin meraih kemenangan. Penting bagi pemain yang bertalenta, bagi para pemain yang hebat, bernilai penting karena semuanya dilandasi oleh semangat kesungguhan."


* Slaven Bilic (West Ham):
"Kami punya skuat yang handal. Kami mampu mempertahankan sejumlah pemain inti bahkan kami mampu memboyong sejumlah pemain untuk memperkuat penampilan tim."

"Kami berharap para pemain itu mampu mendongkrak prestasi di musim ini. Toh, kami telah menjalin kebersamaan dalam waktu yang relatif lama. Kami siap menyongsong musim kompetisi ini dengan meraih prestasi gemilang."

Prakiraan susunan pemain:

* Chelsea (4-1-4-1):

Courtois (penjaga gawang), Azpilicueta, Terry, Cahill, Ivanovic, Kante, Hazard, Matic, Oscar, Willians, Costa

* West Ham (4-3-3):
Adrian (penjaga gawang), Antonio, Reid, Ogbonna, Masuaku, Kouyate, Nordtvelt, Noble, Feghouli, Carroll, Ayew

Data dan fakta (Opta Facts):
* Chelsea belum pernah menelan kekalahan dalam 10 laga melawan West Ham di ajang Liga Inggris yang diadakan di Stamford Bridge (tujuh menang, tiga imbang).
* Chelsea belum pernah kalah di kandang sejak September 2002 di ajang Liga Inggris.
* West Ham belum pernah kalah melawan Chelsea di Liga Inggris musim lalu (sekali menang, sekali imbang). Ini kali pertama mereka meraih prestasi seperti ini sejak 2002/03.
* Chelsea tidak terkalahkan dalam 13 laga pembukaan yang digelar di Stamford Bridge (10 menang, tiga imbang).   
* Sebagai manajer klub, Antonio Conte hanya sekali kalah dari 30 laga musim lalu (27 menang, dua imbang dan sekali kalah).
* Sebagai manajer klub, Conte belum pernah menelan kekalahan beruntun dalam 28 laga kandang (26 menang, dua imbang dan belum pernah kalah).
* Sebagai manajer Juventus, kekalahan Conte terakhir ketika melawan Sampdoria (1-2) pada Januari 2013.    
* Diego Costa telah mencetak lima gol dalam tujuh penampilan di Liga Inggris saat membela Chelsea pada Agustus.      
* Dimitri Payet telah berpartisipasi dalam 11 gol dalam 12 penampian terakhir di Liga Inggris musim 2015/16 (tiga gol dan delapan assist).
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah: D:imbang)

* Chelsea: W W L W W

7/8/16 Werder Bremen 2 - 4 Chelsea
3/8/16 AC Milan 1 - 3 Chelsea
30/7/16 Real Madrid 3 - 2 Chelsea
27/7/16 Chelsea 1 - 0 Liverpool
20/7/16 Wolfsberger Athletik 0 - 3 Chelsea

* West Ham United: L W L W L
7/8/16 West Ham United 2 - 3 Juventus
4/8/16 West Ham United 3 - 0 DomžaleM
28/7/16 Domžale 2 - 1 West Ham United
23/7/16 West Ham United 3 - 0 Karlsruher
20/7/16 West Ham United 0 - 3 Rubin Kazan

Head To Head:
 19/3/16 Chelsea 2 - 2 West Ham United
24/10/15 West Ham United 2 - 1 Chelsea
4/3/15 West Ham United 0 - 1 Chelsea
26/12/14 Chelsea 2 - 0 West Ham United
29/1/14 Chelsea 0 - 0 West Ham United

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 * Chelsea 2 - 0 West Ham United
* Chelsea 3 - 0 West Ham United
* Chelsea 3 - 1 West Ham United

Prediksi "Man of the Match" (Whoscored):

1.Eden Hazard (75 persen)
2.Willian (12,5 persen)
3.Cheikhou Kouyaté (12,5 persen)
 
Prediksi jalannya laga:
* Chelsea tengah merajut sukses di bawah arahan Conte. Laga melawan West Ham menjadi batu ujian pertama. Pasukan the Blues tergerak dan termotivasi oleh bara semangat yang dikobarkan oleh manajer asal Italia itu.
* Chelsea di bawah arahan Conte disemangati agar tiada henti meraih kemenangan dari setiap laga.
* Skuat the Blues tidak akan bertanding di ajang kompetisi Eropa selama musim ini. Fokus mereka hanya bertumpu kepada raihan positif di liga domestik.
* West Ham tengah merangkai asa di kompetisi Eropa pada musim ini. Hanya saja, skuat berjuluk the Hammers tampil tidak konsisten selama mengarungi laga pra-musim dengan menelan kekalahan demi kekalahan.      
* Hanya saja para pemain West Ham lebih bugar dibandingkan dengan Chelsea. Di sinilah tantangan sesungguhnya bagi pasukan the Blues untuk meraih kemenangan di laga kandang.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Chelsea: 2
* West Ham: 0


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016