Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Ada yang unik dari perayaan Kemerdekaan Indonesia, di Kota Pekanbaru tahun ini. Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar acara panjat pinang massal, dengan 47 batang pinang sekaligus di lapangan eks Kantor PU Riau di Jl. Ahmad Yani, Kamis.

"Panjat pinang dilapangan eks Kantor PU ini unik karena dipanjat secara bersama-sama dan serentak. Ini digelar untuk memberikan hiburan rakyat sempena kemerdekaan ke-71 Indonesia," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, di Pekanbaru.

"Dengan panjat pinang massal ini maka terbangun saling koordinasi, kekompakan antara tim yang ingin memenangi hadiah di pohon pinang," jelas dia.

Selain juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat sekaligus memberi makna bagi kemerdekaan yang sudah susah payah direbut oleh para pejuang.

"Kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan semangat dan spirit membangun," tegasnya.

Firdaus mengakui, peringatan kemerdekaan tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu. Karena hampir di setiap pelosok kota ada keramaian seperti pacu lari dalam goni, panjat pinang, lomba makan kerupuk dan sebagainya.

Ia kagum walau perekonomian saat ini sedang krisis, masyarakat tidak terpaku pada duka, namun memaknai kemerdekaan dengan membangkitkan semangat bersatu, berkoordinasi dan membaur bahu membahu hingga menciptakan acara rakyat yang meriah.

Eko (40), warga Panam, saat dijumpai sedang menonton acara panjat pinang di lapangan eks Kantor PU provinsi mengaku kaget karena pohon pinang yang disajikan banyak. Sehingga meriah dan mengundang daya tarik untuk disaksikan.

"Saya mulanya lewat dari kota hendak pulang, taunya ada panjat pinang mampirlah saya. Unik... karena yang manjat banyak dan pemandangannya riuh," kata dia.

Pewarta: Netty Mindrayani dan Vera Lusiana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016