Tanjung Selor, Kalimantan Utara (ANTARA News) - Sungai Kayan dan Sungai Bahau, di di pedalaman Kalimantan Utara, banjir menyebabkan aktivitas warga terhambat.

Dilaporkan di Tanjung Selor, Sabtu, banjir terparah sekitar satu meter dalam rumah warga terjadi di beberapa desa Kecamatan Long Peso, dan Long Pujungan, Kabupaten Bulungan.

Luapan banjir dari hulu Sungai Kayan dan Sungai Bahau kini mulai merendam beberapa titik di kawasan hilir Sungai Kayan hari ini.

Rendaman air kini tampak terjadi di beberapa titik di Kota Tanjung Selor dan beberapa Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan. Banjir cukup tinggi terjadi di kawasan Kampung Arab, Kota Tanjung Selor.

Bahkan, beberapa rumah warga tergenang air sebatas mata kaki. Di kawasan pedalaman banjir terparah di beberapa desa Long Peso dan Long Pujungan menyebabkan warga mengungsi karena ketinggian mencapai satu meter dalam rumah dua hari lalu.

Banjir di pedalaman dilaporkan telah berangsur surut namun buangan air itu kini melimpah ke kawasan hilir. Banjir akibat tingginya curah hujan di pedalaman.

Dikhawatirkan banjir kembali naik jika hujan dengan intensitas dan curah tinggi di pedalaman dalam beberapa hari ini.

Pewarta: Iskandar Zulkarnaen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016