Jakarta (ANTARA News) - Lembaga survei independen PoliticaWave mencatat pasangan Cagub-Cawagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat paling banyak dibicarakan oleh netizen selama berlangsungnya debat ketiga yang digelar pada Jumat (10/1).

"Debat ketiga semalam masih menjadi topik perbincangan favorit netizen, dan pasangan Ahok-Djarot mendominasi percakapan di media sosial," kata pendiri PoliticaWave Yose Rizal dalam rilis yang diterima Antara, Sabtu.

Ia menyebut, berdasarkan hasil survei, pasangan Ahok-Djarot mendominasi percakapan netizen sebesar 52 persen dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 4.582.

Kemudian, pasangan Anies-Sandi mendapatkan perhatian cukup besar dari netizen dengan jumlah percakapan sebesar 37 persen dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 4.170.

PoliticaWave juga mencatat pasangan Agus-Sylvi mendapatkan 11 persen jumlah percakapan dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 1.957.

"Dari hasil persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa perhatian netizen terhadap pasangan Ahok-Djarot masih sangat besar, seperti pada debat-debat sebelumnya. Selain itu, penampilan pasangan Anies-Sandi juga dinilai lebih bagus," ujar Yose.

Sementara itu, dia mengungkapkan cagub Agus Harimurti Yudhoyono mendapat banyak pujian karena penampilannya yang jauh lebih santai dan berbicara menggunakan data.

Sedangkan pasangannya Sylviana Murni mendapat banyak kritikan terkait pernyataannya yang kerap blunder dan tidak sesuai dengan data.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017