Torino (ANTARA News) - Juventus mengobarkan sukacita manakala meraih kemenangan 2-0 melawan Porto di laga leg pertama yang digelar di Portugal. Kegembiraan disertai dengan keutuhan dalam tekad, bukan sebatas keinginan tanpa dasar, atau keinginan tanpa imajinasi.

Kemenangan atau kejayaan bersumber dari imajinasi untuk meraih hal yang ingin diperoleh di masa depan. Bersegera bahwa Juventus siap meladeni perlawanan Porto dalam laga leg kedua fase 16 besar Liga Champions, yang digelar di Juventus Stadium, Torino, pada Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB.

Bukan tanpa dasar bila Juventus meraih 13 kemenangan kandang di seluruh kompetisi. Bahkan juara Liga Italia ini mencatatkan rekor 100 persen menang di laga tandang di leg pertama kompetisi UEFA.

Sementara Porto mengoleksi empat dari 13 kemenangan dalam laga tandang melawan klub-klub asal Italia. Tentu, fakta ini tidak serta merta menciutkan perjuangan skuad asal Portugal.

Untuk warta mengenai pemain, Juventus perlu juga berwaspada mengingat sejumlah pemain yang selama ini menjadi tulang punggung tidak bisa tampil di Torino.

Sebut saja, Stefano Sturaro yang belum pulih benar, sementara Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli diragukan  tampil. Selain itu, Dani Alves siap mengisi lini bek kanan, sedangkan Claudio Marchisio terus berjuang menunjukkan performa terbaik. Pemain yang terakhir disebut ini siap ditopang oleh Sami Khedira dan Miralem Pjanic.

Warta gembira berhembus, ketika Mario Mandzukic dan Juan Cuadrado siap memperkuat tim setelah ia absen manakala Juventus mengalahkan AC Milan 2-1 dalam laga Liga Italia yang digelar pada Jumat pekan lalu.

Di skuad Porto, Alex Telles masih terkena suspensi karena ia menerima kartu merah dalam laga leg pertama, sementara skuad asal Portugal itu tidak diguncang dengan masalah cedera pemain.

Miguel Layun harusnya menggantikan lini bek kanan yang selama ini ditempati Telles, hanya saja skuad Portugal ini bakal turun dengan kekuatan penuh di Torino.

Data dan fakta (Opta Facts):

* Juventus tidak terkalahkan melawan Porto (tiga menang dan sekali imbang).
* Tidak ada tim yang mampu lolos setelah menelan kekalahan di leg pertama babak knockout di Liga Champions dengan skor kekalahan 0-2 (di kandang).
*  Juventus tidak mampu melaju sampai puncak sejak babak penyisihan grup Liga Champions sejak 2012/13, sementara Porto mampu lolos dari babak knockout Liga Champions untuk kali ketujuh selama sepuluh kali keikutsertaan mereka.
* Enam gol terakhir yang dikoleksi Juventus di Liga Champions dicetak di babak kedua.
* Juventus mencapai lima clean sheet dari tujuh laga terakhir di ajang Liga Champions.
* Juventus meraih lima dari enam laga terakhir di Liga Champions.
* Juventus melesakkan sekurangnya dua gol dalam tiga laga terakhir di Liga Champions.
 
 Prakiraan susunan pemain:

Juventus (4-2-3-1):

Buffon (penjaga gawang); Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Alex Sandro; Marchisio, Khedira; Cuadrado, Dybala, Mandžukić; Higuaín.
Diragukan tampil: Chiellini (cedera paha)
Absen: Sturaro (sakit perut)

Porto (4-1-3-2):
Casillas (penjaga gawang); Maxi Pereira, Marcano, Felipe, Layún; Danilo, André André, Óliver Torres; Brahimi, André Silva, Soares.
Absen: Telles (terkena suspensi)
Absen jika menerima kartu dari wasit: Felipe, André Silva, Marcano, Herrera
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

Juventus: W D W W W

11/03/17 Juventus 2 - 1 AC Milan
05/03/17 Udinese 1 - 1 Juventus
01/03/17 Juventus 3 - 1 Napoli
26/02/17 Juventus 2 - 0 Empoli
23/02/17 Porto 0 - 2 Juventus

Porto: W W W L W
11/03/17 Arouca 0 - 4 Porto
04/03/17 Porto 7 - 0 Nacional Funchal
27/02/17 Boavista 0 - 1 Porto
23/02/17 Porto 0 - 2 Juventus
18/02/17 Porto 4 - 0 Tondela

Head To Head:
23/02/17 Porto 0 - 2 Juventus
23/10/01 Juventus 3 - 1 Porto
10/10/01 Porto 0 - 0 Juventus

Prediksi laga (Goal.com):
Juventus 2 - 0 Porto
Juventus 3 - 1 Porto
Juventus 3 - 0 Porto

Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Paulo Dybala (29.41%)
2.Gonzalo Higuaín (17.65%)
3.Óliver Torres (11.76%)
4.Alex Sandro (11.76%)
5.Soares (5.88%)

Prediksi jalannya laga:
* Juventus bakal menghidupi optimisme ketika menang 2-0 melawan Porto di Portugal. Raksasa Italia gagal meraih kemenangan dalam dua laga kandang di kompetisi ini.
* Juventus bahkan disebut-sebut sebagai salah satu kandidat juara kompetisi ini.  
* Juventus harusnya tampil makin percaya diri karena bertanding di kandang.

Prediksi hasil laga:

* Juventus: 3
* Porto: 1         

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017