Kupang, NTT (ANTARA News) - PT Angkasa Pura I (Persero) segera memperluas ruang tunggu dan menambah garbarata di Bandara Eltari.

"Kita tambah dua garbarata dan perluasan ruang tunggu satu setengah tingkat," General Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandara Eltari, Kupang, Wahyudi, di Kupang, Rabu.

Dia mengatakan, saat ini tahapan awal sudah dimulai dengan pengukuran tanah oleh konsultan dan ditargetkan konsutruksinya berupa pemasangan tiang pancar akan dimulai pada Juli 2017 mendatang.

"Kita akan buatkan lantai dua sehingga ruang tunggu dipindahkan di atas. Jadi nanti ada lorongnya seperti Bandara Ngurah Rai di Bali," katanya.

Wahyudi mengakui, kapasitas Bandara El Tari saat ini sudah tidak memadai untuk menampung jumlah pemakai jasa penerbangan yang terus membeludak dari waktu ke waktu.

Saat ini, katanya, 5.000 pemakai jasa penerbangan datang dan meninggalkan Bandara Eltari tiap hari. Tingkat pertumbuhan jumlah pemakai jasa penerbangan di sana 27,26 persen setahun. Ini jelas angka yang besar.

Dia menyebutkan, total jumlah penumpang per tahun mencapai 1,9 juta pemakai jasa penerbangan melebihi kapasitas bandara sebesar 1,3 juta pemakai jasa penerbangan per tahun. Rasio antara warga NTT dengan jumlah pemakai jasa penerbangan di Bandara Eltari, dengan begitu, sangat tinggi. 

"Untuk itu jika tidak ada hambatan maka Juli ini kita mulai lakukan konstruksi agar daya tampung bandara El Tari semakin besar," katanya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017