Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Angola Georges Rebelo Pinto Chikoti di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Wakil Presiden yang telah menerima delegasi kami, dan kami menyampaikan keinginan pemerintah Angola untuk memperkuat hubungan kerja sama antara Angola dan Indonesia," kata Chikoti.

Menlu Chikoti menambahkan, dirinya menyampaikan kepada Wapres RI bahwa kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman pembebasan visa untuk paspor diplomatik, dan pertemuan konsultasi antara dua menteri luar negeri Angola dan Indonesia.

"Kemarin, saya dan Menteri Luar Negeri Anda telah menandatangani perjanjian kerja sama antara Angola dan Indonesia," kata dia.

Menlu Angola melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta, pada Selasa (11/4).

Dalam kunjungan kehormatan kepada Wapres Jusuf Kalla, Chikoti juga menyampaikan keinginan Angola untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia di bidang pertanian dan industri.

Terkait bidang industri, Menlu Chikoti juga telah menemui Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Rabu pagi, untuk membahas potensi dan peluang kerja sama industri pesawat terbang, lokomotif, dan gerbong kereta api.

"Pada dasarnya, inilah mengapa saya datang, yakni untuk mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia Wakil Presiden karena telah menerima kami dan Indonesia sangat terbuka untuk mengizinkan kami melanjutkan kerja sama di area yang menjadi kepentingan Angola," kata dia.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017