Pelindo IV pasang CCTV awasi arus mudik

Pelindo IV pasang CCTV awasi arus mudik

Arus Mudik Pelabuhan Makassar. Ratusan penumpang tujuan Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) memadati anjungan dan sekoci di atas Kapal Perintis Sabuk Nusantara 05 di dermaga Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (3/7/2016) malam. Hingga H-4 lebaran tercacat penumpang yang mudik melalui pintu pelabuhan Makassar mencapai lebih dari sepuluh ribu orang dengan tujuan Surabaya, Labuan Bajo dan Bima, NTB. (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Makassar (ANTARA News) - PT Pelindo IV pesero memasang CCTV atau kamera pengintai guna mengantisipasi adanya aksi kejahatan saat arus mudik lebaran 2017 di Pelabuhan Makassar eks Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Pemasangan CCTV di beberapa titik bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, serta untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik," kata Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung di Makassar, Sabtu.

Sedangkan untuk pemasangan CCTV sebanyak sembilan titik di sisi dermaga, dan 18 titik di terminal penumpang lantai satu dan dua.

Kemudian 16 titik CCTV dipasang pada lokasi PK5, ini dilakukan agar pedagang tidak berkeliaran di area dermaga dan terminal penumpang, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang bisa lebih terjamin

Sementara dari sisi keamanan, lanjut Doso, pihaknya telah bekerjasama dengan aparat keamanan baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) serta Lantamal dan tim K9 Polda Sulsel, yang telah memiliki alat keamanan seperti metal detector

Mengenai dengan posko terpadu mulai difungsikan pada H-20 lebaran bahkan dilengkapi dengan info cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Semua fasilitas pendukung yang kami siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang kapal. Ini juga bagian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi bila nanti terjadi penundaan pemberangkatan karena kendala teknis," beber dia

Selain itu pihaknya juga telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi atau keberangkatan dan debarkasi atau kedatangan, Pelindo IV juga sudah melakukan penataan pedagang kaki lima (PK5) di Pelabuhan Makassar.

"Bila ada penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan kapal dan memiliki keterbatasan biaya, bisa memilih untuk menginap di pelabuhan, kami sudah siapkan tempat," tambah Doso.

Mengenai dengan persiapan dan pembenahan fasilitas, khususnya di Pelabuhan Makassar, lanjut Doso, sudah untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

"Kami sudah menyiapkan ruang menyusui, kipas angin khusus, AC di ruang tunggu terminal penumpang di lantai satu dan dua, ruang kesehatan, tempat chas ponsel, air kran yang bisa langsung minum, toilet bersih, mushola dan kelengkapannya serta kursi roda untuk penyandang disabilitas," ucap Doso.

Selain menyiapkan fasilitas untuk para pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut,

Pelindo IV juga memperhatikan faktor keamanan yang diperketat dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Maksimalkan bongkar muat di Ternate, Pelindo IV tambah derek

Komentar