Jakarta (ANTARA News) - PT Pupuk Indonesia (Persero) Grup menyalurkan sebanyak 26.050 paket bingkisan berupa sembako murah senilai Rp4,2 miliar yang disebar di beberapa daerah selama Ramadhan 1438 Hijriah.

"Bingkisan Ramadhan untuk masyarakat ini bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri", dalam membantu meringankan beban kebutuhan sehari-hari," kata Direktur Utama Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat, di Jakarta, Minggu.

Menurut Aas, kegiatan ini merupakan salah satu program kepedulian perusahaan yang digagas Kementerian BUMN sebagai wujud kepedulian kepada lingkungan.

Sebanyak 3.000 paket sembako dengan total bantuan sebesar Rp495 juta dibagikan kepada masyarakat, di Semarang dan Surabaya masing-masing 1.500 paket senilai Rp165.000 per paket.

Paket sembako yang terdiri atas beras, gula, minyak, dan kecap dibagikan di beberapa titik di Surabaya yaitu Masjid Nurul Huda, Jogoloyo Gunung Sari Surabaya, Masjib Baitul Hasanah dan Desa Jarsongo, sedangkan di Semarang di Masjid Nurul Hidayah Kampung Wonosari, Kelurahan Randusari Semarang.

Pemberian bingkisan Ramadhan ini bekerja sama dengan pengurus masjid agar penyebaran paket bingkisan tepat sasaran sesuai dengan data masyarakat setempat yang berhak menerima bantuan.

"Penyaluran paket bingkisan Ramadan tersebut merupakan salah satu implementasi program BUMN hadir untuk Negeri sebagai wujud nyata kontribusi BUMN untuk turut serta membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia," jelas Aas Asikin.

Pupuk Indonesia bersama-sama 30 BUMN lainnya juga menyalurkan bingkisan bingkisan Ramadan di wilayah Jabodetabek.

"Sebagai bentuk kepedulian BUMN untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, BUMN juga membagikan bingkisan Ramadan di Semarang dan Surabaya sebagaimana yang kami lakukan di Jabodetabek," ujar Aas.

Penyaluran paket sembako ini dikoordinasikan oleh masing-masing anak perusahaan Pupuk Indonesia di daerahnya masing-masing, antara lain PT Pupuk Indonesia (Persero) 3.000 paket, PT Pusri Palembang 11.500 paket di wilayah Palembang Sumatera Selatan.

Selanjutnya, PT Petrokimia Gresik 7.200 paket di wilayah Kabupaten Gresik dan Lamongan, PT Kujang Cikampek 300 paket di wilayah Cikampek, PT Pupuk Kaltim menyalurkan 2.750 paket di wilayah Bontang Kalimantan Timur, dan PT Rekayasa Industri 1.300 paket di wilayah Jakarta.

Selain Bazar Murah, Pupuk Indonesia Grup di bulan Ramadan ini juga menunjukan kepeduliannya kepada anak yatim dengan memberikan santunan lebih dari 5.054 orang anak yatim.

"Kegiatan bazar murah dan santunan ini untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah dan berbagi kepeduliannya bersama anak yatim," katanya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017