Jakarta (ANTARA News) - Tim hoki dalam ruangan atau hoki indoor Indonesia ingin melampaui target yang diminta pemerintah melalui Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) di SEA Games 2017, Malaysia.

Menurut pelatih hoki indoor Indonesia Irwan Hermawan di Jakarta, Rabu, Satlak Prima menargetkan satu emas dari tim putra dan satu perak dari putri.

Namun, Irwan mengatakan, tim hoki indoor Indonesia ingin menjadi yang terbaik di nomor putra-putri dan merengkuh dua emas.

"Hoki indoor baru pertama kali dipertandingkan di SEA Games, jadi menurut saya peluangnya sama. Pesaing terkuat di putra dan putri datang dari Malaysia serta Thailand," ujar Irwan.

Demi mewujudkan keinginan itu, dia melanjutkan, tim nasional hoki indoor terus melakukan persiapan termasuk uji coba ke luar negeri. Pada Kamis (3/8). Mereka berangkat ke Iran untuk uji coba dengan tim-tim lokal di negara tersebut dan dijadwalkan berada di sana sampai Minggu (13/8).

Irwan menyebut, Iran dipilih sebagai lokasi uji coba karena tim hoki indoornya merupakan salah satu yang terbaik di Asia.

"Nantinya timnas putra dan putri akan melakoni masing-masing empat sampai lima laga persahabatan. Dengan menghadapi lawan yang kelasnya termasuk nomor satu di Asia, kami berharap mentalitas anak-anak meningkat," kata dia.

Kendala

Persiapan timnas hoki indoor menuju SEA Games 2017, Malaysia, bukan tanpa kendala. Irwan Hermawan menuturkan, salah satu soal yang mengganjal adalah persiapan yang hanya kurang lebih tiga bulan.

"Saya rasa itu kurang karena kami juga harus membangun fisik. Namun sampai saat ini persiapan ke SEA Games sudah 90 persen," kata Irwan.

Adapun para pemain timnas hoki indoor berasal dari tim yang bertanding Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat tahun 2016 lalu, dengan salah satu pemain termuda di tim adalah Aulia Ghassani dengan usia 19 tahun.

Ditemui terpisah, Aulia menyebut dirinya dan rekan siap melakukan yang terbaik di SEA Games 2017 dan meraih prestasi maksimal untuk Indonesia.

"Dari fisik, teknik dan mental sudah siap. Kalaupun ada kendala, mungkin dari performa latihan yang masih naik-turun," kata Aulia.

Cabang olahraga hoki indoor akan dipertandingkan di SEA Games 2017, Malaysia, 21-26 Agustus 2017.

Pewarta: Michael S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017