Jakarta (ANTARA News) - Berbagai hidangan kambing yang dimasak oleh rumah makan legendaris akan dihadirkan di tujuh masjid Indonesia pada Idul Adha, yakni Masjid Agung Al-Azhar dan Masjid Al-Azhar Sentra Primer (Jakarta), Masjid Cheng Ho (Surabaya), Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang), Masjid Ki Marogan (Palembang), Masjid Al Jihad (Medan), dan Masjid Raya Makassar (Makassar).

Sajian lezat berbahan dasar kambing siap santap itu menjadi bagian dari 10.000 bingkisan yang akan diberikan pada kaum dhuafa pada Idul Adha dalam rangkaian acara "Berkah Lezat Bango" yang bermitra dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Al-Azhar.

Beberapa dari legenda kuliner yang siap berpartisipasi adalah Rumah Makan Nasi Ulam Ibu Yoyo Jakarta yang dikenal lewat Gorengan Kambing dan Gecok Kambing Mantep Roso dari Semarang.

Para kaum dhuafa juga akan mendapat daging qurban dan bahan masakan agar mereka bisa mengolah kambing di rumah masing-masing.

"Dengan berbagi daging qurban kepada kaum Dhuafa dan pihak-pihak lain yang berhak sebagai bentuk mensyukuri nikmat, semua umat muslim berkesempatan menikmati aneka hidangan khas Idul Adha yang lezat sehingga perayaan hari raya ini menjadi lebih hangat dan penuh makna," kata Kaninia Radiatni, Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Direktur Lembaga Amil Zakat Nasional Al-Azhar, Sigit Iko Sugondo, menambahkan tujuh masjid itu dipilih karena beberapa alasan, di antaranya adalah lokasi strategis, luas masjid, kekayaan sejarah, peran penting masjid di tengah masyarakat lokal hingga jumlah penerima manfaat.

Program "Berkah Lezat Bango" juga menghadirkan berbagai resep, tips dan panduan mengolah hidangan kambing yang disusun tim ahli serta para legenda kuliner. Para pencinta masak-memasak juga diajak untuk saling berbagi inspirasi mengolah hidangan kambing dan mengunggah hasilnya di Instagram dengan menyertakan tagar #BerkahLezatBango.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017