Bandung (ANTARA News) - Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat mengirimkan tim terkait kejadian yang menimpa R (11) asal Kabupaten Bandung Barat yang wajahnya disiram minyak panas oleh nenek tirinya.

"Kami dari P2TP2A Jawa Barat sudah berkoordinasi dengan P2TP2A Kabupaten Bandung terkait kasus anak perempuan yang wajahnya disiram minyak panas karena kejadiannya kan di Kabupaten Bandung Barat," kata Ketua P2TP2A Jawa Barat Netty Heryawan di Bandung, Rabu.

Tim yang terdiri dari Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidkan tersebut, kata Netty, saat ini sudah melakukan koordinasi terkait penanganan untuk korban pascakejadian tersebut.

"Kami terus berupaya melakukan koordinasi, seperti apa bentuk penanganannya korbannya termasuk penanganan pelakunya karena ini masuk dalam ranah anak dan kekerasan dalam rumah tangga," kata dia.

Menurut dia, tim tersebut akan memberikan pendampingan dari sisi mental atau psikologis untuk R.

"Tadi saya ingatkan P2TP2A untuk terus berkoordinasi secara intens, jika memang diperlukan kerja sama dengan kami, misal daerah meminta dikirim psikolog atau korbannya dibantu penanganannya oleh provinsi itu kami akan koordinasikan," kata dia.

Netty menuturkan dirinya mengetahui langsung informasi tentang peristiwa tersebut dari akun media sosial miliknya.

"Jadi ada warganet yang me-mention saya tentang peristiwa tersebut, yakni ada anak disiram minyak panas. Saya langsung screenshot dan kirim ke tim," kata dia.

Sebelumnya R, bocah perempuan berusia 11 tahun asal Kampung Celak, Desa Celak, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat mengalami luka bakar karena terkena minyak panas.

Diduga nenek tirinya sengaja menyiramkan minyak panas itu ke muka gadis tersebut karena enggan melaksanakan tugas yang diberikan oleh sang nenek.

Kejadian tersebut sempat diunggah oleh salah satu warganet di akun Instagram @shabillastrn seperti berikut:


[ Maaf kalau foto membuat kalian terganggu / lain sebagainya ] Namanya Rachel Heriani. Anak 11 tahun yang beralamat di jalan Lebak Satu RT 03 RW 05 Kiaracondong Bandung. Saat ini Rachel sedang di rawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung ini karna tekena musibah. Wajahnya di masukkan ke dalam wajan yang berisi minyak panas oleh nenek tirinya, hanya karena tidak mau goreng ranginang karna Rachel sedang pusing. Hasil wawancara dengan korban & nenek tiri korban : Menurut penuturan Racehl : Gara gara di suruh masak ranginang cuman dia nolak karna pusing langsung di jengut terus di masukin ke wajan yang isinya minyak panas sama nenek tirinya Menurut penuturan neneknya : jatuh masuk kewajan panas Saat ini Rachel sangat-sangat butuh bantuan dana, untuk mengcover biaya rumah sakit ( oprasi, obat, kamar dsb. ) karna Rachel ini dari keluarga kurang mampu dan daftar ke RSHS pun menggunakan SKTM. Nama Orang Tua : Rohaeni & Kusdinan No. Telpon : 0838291919333 https://m.kitabisa.com/senyumrachel Untuk donasi link nya ada di bio saya. #peduli#pedulirachel#donasi#bantuan#bandung#infobandung#galangdana#pedulisesama#kitabisa#

A post shared by Billaaaaaaaaaaa 🌸 (@shabillastrn) on

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017