Nadal dan Federer melaju ke putaran ketiga Shanghai

Nadal dan Federer melaju ke putaran ketiga Shanghai

Petenis Spanyol Rafael Nadal berusaha memukul bola saat melawan petenis Amerika Serikat Jared Donaldson dalam turnamen tenis Shanghai Masters di Shanghai, China, Rabu (11/10/2017). (REUTERS/Aly Song)

Shanghai (ANTARA News) - Rafael Nadal dan Roger Federer meneruskan pertarungan mereka untuk memperebutkan peringkat satu dunia di akhir tahun dengan kemenangan-kemenangan meyakinkan untuk mencapai putaran ketiga Shanghai Masters pada Rabu.

Unggulan teratas Nadal melanjutkan laju kemenangannya menjadi 13 pertandingan dengan kemenangan 6-2, 6-1 atas petenis AS Jared Donaldson di Stadion Qi Zhong, sebelum petenis peringkat dua dunia Federer, yang mendapat banyak dukungan dari para penggemar asal China, mengungguli petenis Argentina Diego Schwatzman dengan skor 7-6 (4), 6-4, lapor Reuters.

Nadal, yang unggul 2.370 poin atas Federer menjelang akhir musim di mana kedua rival ini berbagi hadiah-hadiah terbesar, tidak dapat dihentikan saat melawan Donaldson dan hanya memerlukan 54 menit untuk mengamankan kemenangan.

"Ini merupakan pertandingan yang sangat cepat pada semua aspek," kata Nadal, yang berupaya mengakhiri tahun dengan menduduki peringkat satu untuk keempat kalinya sepanjang kariernya.

"Jika peringkat akhir tahun terjadi, dan akan terjadi, menurut saya, itu merupakan pencapaian yang sangat penting bagi saya."

"Dengan begitu banyak tahun yang berbeda, menurut saya itu adalah sesuatu yang sangat sulir. Namun masih ada pekerjaan yang harus dilakukan."

Ia terakhir kali mengakhiri tahun dengan menduduki peringkat satu pada 2013.

Federer tidak memperlihatkan tanda-tanda menyerah dalam persaingan itu namun ia harus berjuang keras saat melawan Schwartzman -- terkena break pada set pertama untuk kemudian harus memainkan tiebreak.

Petenis Swiss berusia 36 tahun itu selalu memiliki pukulan ekstra, dan, setelah memenangi set pembukaan, ia mematahkan serve lawannya pada set kedua untuk bergerak menuju kemenangan.

Ia menyelesaikan pertandingan dengan ace ke-14nya, untuk kemudian akan berhadapan dengan petenis Ukraina Aleandr Dolgopolov di putaran ketiga.

"Ini merupakan kemenangan yang bagus, sangat senang dengan pertandingan pertama saya," kata Federer. "Saya tahu ia berbahaya. Saya dapat meyelesaikan set pertama lebih awal, namun saya memulai set kedua dengan sangat baik."

Petenis Spanyol Nadal, yang seperti Federer pernah memenangi gelar Shanghai sebanyak satu kali, selanjutnya akan berhadapan dengan petenis Italia Fabio Fognini.

Harapan unggulan kedelapan David Goffin untuk lolos ke ATP World Tour Finals mendapat hantaman ketika ia kalah (4)6-7, 3-6 dari Gilles Simon, sedangkan unggulan keenam Grigor Dimitrov harus menyelamatkan match point pada perjalanannya menuju kemenangan 3-6, 6-3, 7-6(6) atas Ryan Harrison.

Unggulan ketujuh Pablo Carreno Busta juga tersingkir, kalah 5-7, 5-7 dari sesama petenis Spanyol Alfred Ramos-Vinolas.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar